Ketik pencarian Anda

Chairman Activities Highlights

Bangun Karakter Pemimpin, MNC Group Gelar Train The Trainer

JAKARTA, Koran Sindo – Pemimpin yang baik harus bisa mengerti dan mengetahui cara mencapai tujuan dalam sebuah organisasi yang dipimpinnya. Untuk mewujudkannya, MNC Group menggelar pelatihan pengembangan karakter kepemimpinan (train the trainer) kepada seluruh jajaran direksi dan tingkat pimpinan di beberapa anak usahanya.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, seluruh pemimpin di unit bisnis MNC Group agar bisa mempelajari para pemimpin yang telah sukses dan berhasil membangun perusahaan.

“Ini adalah forum para senior, jadi dari cara berpikir dan bertindaknya juga harus senior. Seorang pemimpin harus lebih fokus pada strategic dan partnership.  Dengan demikian bisa mencapai tujuan dari perusahaan tersebut,” kata HT saat menghadiri Train the Trainer Facilitator MNC Character Building di MNC Conference Hall, Gedung iNews, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

HT memaparkan, kunci sukses memimpin sebuah perusahaan hingga mampu bersaing di tengah kompetisi dengan industri sejenisnya. Menurut dia, seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas sehingga memudahkan dalam memberikan arahan kepada sejumlah anak buahnya.

“Saya bertugas menyatukan seluruh unit yang ada dari berbagai sektor sehingga bisa bersinergi. Jadi, bisa diketahui organisasi ini mau dibawa ke mana, setelah itu bagaimana mewujudkannya sehingga semua berjalan dengan baik,” kata dia.

Dengan memiliki karakter kepemimpinan yang baik, kata HT, sebuah perusahaan akan memiliki road map yang jelas. Bersama anak buahnya melalui kerja tim, road map tersebut akan bisa diimplementasikan. Untuk itu seorang pemimpin harus bisa fokus pada hal yang detail sehingga pekerjaannya menjadi praktis dan efisien.

Baca juga:  Pesan Inspiratif Chairman MNC Group di Ulang Tahun MNC Leasing

“Seorang pemimpin itu harus punya strategic and leadership , harus juga bisa down to earth , jadi tidak terbelenggu dengan administratif, itu semua harus menyatu dengan karakter kita sehari-hari. Prinsip saya, jangan menyerah sebelum tujuan kita tercapai,” kata HT.

Menurut dia, MNC Group melalui sejumlah bidang utama bisnisnya, yaitu media, financial services, properti, serta satu bidang tambahan investasi, harus memiliki konsep dan bisnis model yang jelas. Peranan seorang pemimpin adalah harus bisa mempelajari bisnis modelnya dan upaya untuk merealisasinya.

“Jika leadership-nya tidak bagus, perusahaan tersebut juga tidak akan kuat menghadapi persaingan. Jadi, pemimpin harus mengetahui bagaimana strateginya untuk mengaktualisasi ini,” tambah HT.

Dia mencontohkan, untuk bidang bisnis media di bawah naungan MNC Group, kunci kesuksesannya adalah harus memiliki produk, konten, dan layanan yang bagus. Jika seluruh hal tersebut bisa terpenuhi, perusahaan dapat menjadi pemenang di industrinya.

“Untuk model bisnis properti yang dibutuhkan itu resource, jadi kita harus bisa mengetahui potensinya ke depan. Sedangkan bisnis financial services  saat ini penetrasinya masih rendah, jadi potensinya masih besar, ini yang harus dipelajari oleh para pemimpin,” paparnya.

Sementara itu, Head of Group Governance & Human Resource at PT Global Mediacom Tbk, Indra Prastomiyono menambahkan, kegiatan Train the Trainer Facilitator MNC Character Building  ini merupakan kelanjutan Board of Director (BoD) Forum yang telah digelar sebelumnya. Sesuai arahan pimpinan MNC Group, HT, seluruh karyawan harus memiliki 16 karakter yang difokuskan pada tiga hal, yakni vision, quality, and speed.

“Tujuan dari penyelenggaraan acara tersebut adalah untuk merumuskan dan memformulasi sejumlah strategi untuk mendorong budaya kerja dalam perusahaan, sehingga bisa merealisasi dan menerapkan rencana untuk mengeksekusinya,” kata dia.

Baca juga:  Ekspansi Bisnis, MNC Kapital Gandeng Bank Banten

Sumber: KORAN SINDO

Tags: