Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

Awas! Radiasi Bisa Picu Kanker

Foto : Freepik

JAKARTA – Radiasi bukanlah hal yang asing dalam kehidupan modern sehari-hari. Secara alami, manusia terpapar radiasi setiap hari. Salah satunya, radiasi yang berasal dari smartphone atau ponsel saat menyalurkan atau mencari sinyal.

Radiasi Radio Frequency (RF) yang terdapat dalam smartphone menjadi penyebab timbulnya bahaya. Paparan radiasi RF dalam durasi dan jangka panjang diduga dapat menimbulkan beberapa penyakit. Antara lain, seperti pusing, gangguan tidur, hingga kanker!

Lalu, Bagaimana Cara Mencegahnya? Ada beberapa cara untuk mencegah dampak buruk dari radiasi, atau meminimalkannya. Simak ulasannya berikut:

1. Hindari menelpon dengan mendekatkan telinga, hal ini diduga mendekatkan sumber radiasi dengan otak. Jadi, disarankan untuk mengaktifkan loudspeaker atau menggunakan headset ketika sedang menelpon.

2. Hindari membeli smartphone dengan radiasi tinggi.

3. Hindari menyimpan smartphone dalam saku celana atau saku baju kita. Sebab, radiasi smartphone akan sangat dekat dengan tubuh dan dalam durasi yang lama. Sebaiknya, kamu dapat menyimpan smartphone kamu didalam tas.

4. Jika kamu terpaksa menyimpan smartphone dalam saku pakaian, maka aktifkan mode pesawat. Dalam mode pesawat, sinyal akan mati, hal ini akan menonaktifkan radiasi yang terpancar dari smartphone.

5. Radiasi terbesar terjadi saat kita sedang menelpon. Jadi, bicara seperlunya, jika banyak yang akan dibahas, lebih baik bertemu secara langsung.

6. Selain gelombang radiasi RF, layar smartphone juga menimbulkan radiasi cahaya yang dapat merusak mata. Ukurlah jarak aman untuk mata kamu, sehingga mata kamu tetap sehat dan tidak bermasalah.

Baca juga:  MNC Sekuritas Sebarkan Budaya Investasi Hingga ke Desa

7. Seringkali kita menggunakan smartphone hingga saat akan tidur pun masih menggenggamnya. Paparan radiasi yang dipancarkan akan membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak. Jadi sebaiknya kurangi bermain smartphone saat akan tidur.

8. Menelpon lah di ruang terbuka. Sebab, jika ruang tetutup, maka smartphone akan memancarkan radiasi lebih tinggi guna menembus ruang tertutup yang menghalangi koneksi sinyal.

9. Sebaiknya kamu juga atur kecerahan layar. Intensitas cahaya yang tinggi akan menyebabkan mata kering, tetapi jika terlalu rendah maka akan menyulitkan kita melihat atau membaca smartphone.

Begitulah beberapa tips agar kamu terhindar dari dampak radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone. Sebaiknya kurangi aktivitas dengan smartphonemu, dan cari kegiatan lain dan jauh dari barang elektronik yang menjadi sumber radiasi. Semoga bermanfaat.