Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Apa Saja Persiapan untuk Donor Darah ?

Foto : MNC Media

Jakarta – Banyak cara untuk menjalankan gaya hidup sehat salah satunya adalah donor darah. Bagi pendonor darah mereka bisa melancarkan sirkulasi darah dalam metabolism tubuhnya.

Namun demikian, gaya hidup sehat juga didalamnya dengan saling membantu dan peduli kepada yang membutuhkan darah. MNC Group melalui MNC Peduli bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan aksi donor darah bertajuk “MNC Love Donation” “Let’s Share The Love with Your Blood”.

Dokter Jose Rizal salah satu dokter jaga di acara donor darah MNC Peduli tersebut mengungkapkan apa saja yang perlu diketahui terkait seputar donor darah.

Pertama, cukupi asupan gizi dan cairan tubuh dengan makanan dan minuman kaya zat besi, seperti daging merah, ayam, ikan, produk susu, kacang dan biji-bijian, dan bayam.

“Hindari pula konsumsi alcohol dan obat-obatan menjelang hari-H donor darah,” katanya.

Kedua, menjelang donor darah, usahakan mendapat tidur yang cukup. “Kalau bisa banyakin minum air putih,” ujarnya.

Selanjutnya, Dr. Jose menuturkan ada batasan umur terhadap orang yang ingin mendonorkan darahnya. “Batas minimalnya usia 17 tahun tapi mungkin kalau batas maksimal semasih dia bugar iya tidak apa-apa, tapi mungkin di usia 65 tahun sepertinya,” lanjutnya.

Terakhir, calon pendonor baru dikatakan layak, sambung Dr. Jose jika memang pendonor lolos pemeriksaan dan layak kesehatan sebelum mendonorkan darah.