Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Apa Itu Glioblastoma? Penyakit yang Menyerang Agung Hercules

Foto : Freepik

JAKARTA – Agung Hercules kini terbaring sakit. Banyak pihak terkejut dengan penyakit yang diderita Agung karena membuat pria berbadan kekar itu kini tampak kurus.

Sang istri, Mira Rahayu mengatakan, suaminya itu menderita Glioblastoma atau tumor ganas yang menyerang otak atau tulang belakang. Glioblastoma atau juga disebut GBM adalah tumor kelas IV yang ganas, di mana sebagian besar sel tumor bereproduksi dan membelah pada waktu tertentu.

Jenis penyakit ini juga bersifat infiltratif dan menyerang daerah otak terdekat. Sel-sel tumor juga dapat menyebar ke sisi yang berlawanan dari otak melalui serat koneksi atau corpus callosum.

Berdasarkan Brain Tumor Association, pasien dengan glioblastoma mengembangkan gejala dengan cepat karena efek massa dari tumor itu sendiri atau dari cairan yang mengelilingi tumor (edema) menyebabkan pembengkakan otak lebih lanjut. Namun, gejala yang umumnya dirasakan pasien adalah mual, muntah, dan sakit kepala parah yang biasanya lebih buruk di pagi hari.

Pasien juga dapat mengalami gejala neurologis yang tergantung pada lokasi tumor. Misalnya, kelemahan atau perubahan sensorik wajah, lengan atau kaki, kesulitan keseimbangan dan masalah neurokognitif atau memori.

Sementara itu untuk faktor risiko, bukanlah faktor genetik seperti beberapa kanker pada umumnya. Melainkan satu-satunya faktor risiko yang dikonfirmasi adalah radiasi pengion ke daerah kepala dan leher.

Radiasi pengion adalah radiasi yang membawa energi dan terdiri dari partikel subatomik, ion atau atom yang energetik yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Di antaranya sinar gama, sinar X, dan sinar ultraviolet yang termasuk ke dalam radiasi pengion.