Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Animator MNC Animation Berikan Kiat Belajar untuk Mahasiswa

JAKARTA – Industri kreatif, khususnya bidang animasi, saat ini kian diminati termasuk oleh para mahasiswa. Kalangan perguruan tinggi pun juga sudah banyak membuka jurusan animasi.

Antusiasme para mahasiswa semakin terlihat pada setiap aktivitas yang terkait dengan animasi. Seperti acara festival animasi, workshop, seminar hingga kunjungan atau visitasi ke studio animasi.

Meningkatnya minat para generasi muda itu juga diapresiasi oleh praktisi animasi. Terlebih, para mahasiswa adalah calon animator yang bakal turut meningkatkan perkembangan industri ini ke depan.

Untuk itu, para mahasiswa diharapkan terus memacu kemampuan dan semangat belajar. Hal itu diungkapkan oleh 2D Concept Artist MNC Animation, Fransiskus Oktaviano saat berbincang dengan sebagian mahasiswa Universtas Multimedia Nusantara yang berkunjung ke MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Selain mengikuti perkuliahan reguler, sebaiknya mahasiswa juga memanfaatkan kesempatan belajar di luar kampus. “Seperti mengikuti seminar animasi dan juga belajar secara online. Apalagi sekarang-sekarang ini banyak kegiatan festival animasi, itu kesempatan bagus untuk mengembangkan diri,” katanya.

Dicontohkannya, belajar 3D modelling juga merupakan aktivitas positif karena mendukung materi kuliah yang didapatkan di ruang kelas. Dan, dia meyakini, mahasiswa yang belajar dengan kreatif akan lebih menonjol.

“Kemampuan dasar animasi juga harus di-push, didorong, agar skillnya semakin bagus dan wawasan serta kreativitasnya juga makin tinggi. Intinya, rekan-rekan mahasiswa sebaiknya lebih berinisiatif,” ungkap alumni Binus angkatan 2009 ini.

Baca juga:  MNC Now Luncurkan Strategi Layanan VOD

Selain berbincang dengan Fransiskus, para mahasiswa juga berdialog dengan para animator MNC Animation langsung di meja kerja masing-masing. Banyak pertanyaan dilontarkan oleh mereka tentang proses produksi karakter animasi.

Para mahasiswa juga mengaku termotivasi mendalami bidang ini dan mendapat banyak pengetahuan lebih dalam tentang animasi langsung dari para praktisi. Mahasiswa UMN tingkat 4 Ganesha Praditya, misalnya, mengungkapkan visitasi ini memberinya kesempatan melihat dari dekat proses produksi animasi.

“Kami banyak mendapat pengetahuan dan wawasan. Kami jadi tahu dari dekat, bagaimana animasi Indonesia sudah berkembang jauh dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya. Dia berharap sebagai generasi penerus animator muda ingin memajukan animasi Indonesia dengan kerja keras sendiri.

Mahasiswa lainnya Mario Saputra juga mengungkapkan, kesempatan berkunjung ke studio di kawasan Kebon Jeruk ini membuatnya dapat berinteraksi langsung dengan para praktisi animator. Diakuinya, bagian yang paling menarik ialah divisi story. “Saya memang memiliki interest di bagian story,” ujarnya mahasiswa UMN semester 6 itu.

Senada, Muthia Mafhumah juga mengaku semakin termotivasi untuk menjadi animator. “Tadi saya bisa makin tahu tentang concept artist, juga soal storyboard. Saya juga mendapat wawasan dan pengetahuan yang tidak saya dapatkan di kampus,” katanya.*

Tags: