Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Anemia? Konsumsi 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Ini

Anda pasti cukup akrab dengan istilah anemia, ini suatu kondisi di mana jumlah darah di tubuh manusia dewasa turun di bawah tingkat normal. Jika muka Anda terlihat pucat, lemah dan sesak napas, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan maka Anda harus waspada karena itulah ciri-ciri terkena anemia.

Secara umum ada beberapa penyebab dari anemia seperti kekurangan gizi, kekurangan zat besi, kehamilan, kanker, sumsum tulang atau gangguan terkait ginjal, menstruasi, atau jika di diagnosis telah mengalami kecelakaan.

Jika laporan tes darah Anda menunjukan hemoglobin rendah, berkonsultasilah segera ke dokter. Dokter mungkin akan memberikan suplemen zat besi untuk melengkapi kekurangannya. Namun, ada beberapa makanan yang membantu meningkatkan jumlah darah Anda menurut boldsky.com :

  1. Sayuran hijau

Jumlah besar folat yang kaya pada sayuran hijau membantu pembentukan alami darah dan meningkatkan kadar hemoglobin. Sayuran seperti bayam, brokoli dan tomat sangat berguna bagi penderita anemia karena mengandung sumber zat besi, magnesium, serta kaya akan vitamin A dan C. Sedangkan kandungan dari tomat terdapat karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B2, B3, dan C, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat, dan air.

  1. Buah bit

Meminum segelas jus bit mengandung 1,1 mg zat besi dan memperbaiki jumlah sel darah merah di tubuh Anda. Bit mengandung asam folat yang meningkatkan hemoglobin, dan kaya akan vitamin C, potasium, besi dan serat.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang polong seperti kacang merah, buncis, dan kedelai adalah sumber zat besi dan asam folat yang terbaik dan membantu meningkatkan kadar darah Anda. Selain itu, jenis kacang seperti kacang tanah, kacang mete, kemiri dan kenari, juga merupakan sumber zat besi yang sangat kaya serta paling banyak menentukan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

  1. Kismis
Baca juga:  Banjir Mulai Surut, Warga Rawajati Sibuk Bersihkan Lumpur

Buah kering seperti kismis disukai semua orang dan mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Anda bisa merendamnya semalam di dalam air dan memakannya di pagi hari. Selain digunakan untuk hiasan makananan, kismis juga menambahkan nutrisi ke makanan Anda. Mengkonsumsi kismis juga dapat menghasilkan 0,8 mg zat besi.

  1. Biji-bijian

Bahan makanan terakhir terdapat pada biji-bijian seperti barley, quinoa dan oatmeal beberapa dari jenis biji-bijian ini yang harus Anda tambahkan ke dalam rutinitas harian Anda. Biji-bijian tersebut kaya akan kandungan zat besi yang meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Jika anda didiagnosis menderita anemia, dianjurkan juga untuk berkonsultasi dengan ahli medis. Selain mengkonsumsi suplemen zat besi, sertakan pula makanan penting di atas ke dalam makanan yang akan meningkatkan kadar darah Anda. Selanjutnya, berolahraga secara teratur dengan terlebih dulu minta nasehat dan izin dokter. Olahraga bermanfaatkarena akan meningkatkan kapasitas pembawa oksigen dalam darah, dan dengan demikian meningkatkan pembentukan darah secara alami di tubuh Anda.*

 

Tags: