Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Anda Perlu Pinkin ke Luar Rumah Karena Punya 5 Manfaat Ini

JAKARTA – Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata piknik? Jalan-jalan ke luar rumah, pergi ke alam terbuka, dan melupakan sejenak rutinitas kerja yang membosankan dan membuat stres.

Namun, piknik bukan cuma liburan dan pergi jauh ke gunung atau pantai. Tetapi perjalanan singkat di luar rumah atau sekadar jalan-jalan sore di taman, juga memiliki manfaat sehat bagi kesehatan fisik dan mental.

Tak percaya? Beberapa studi mengungkapkan ada beberapa manfaat yang bisa dinikmati dari menghabiskan waktu di luar ruangan, termasuk piknik saat libur panjang atau sekadar jalan-jalan sore.

Apa saja? Yuk, intip deretan manfaatnya seperti:

Lebih Ceria

Jalan-jalan ke luar rumah bisa memberikan perubahan positif bagi suasana hati Anda. Peneliti Stanford baru-baru ini menemukan bahwa mereka yang menghabiskan 90 menit berjalan di alam secara signifikan mengurangi aktivitas di area otak yang terkait depresi dibandingkan mereka yang beraktivitas di perkotaan.

Pergi ke alam terbuka seperti pantai, taman, atau kawasan hutan wisata dapat mengurangi tingkat kortisol secara signifikan di tubuh Anda. Tingkat kortisol rendah inilah yang membuat suasana hati Anda berubah ke arah lebih baik atau ceria dibandingkan biasanya. Seperti kita tahu, kortisol merupakan hormon yang dihasilkan tubuh ketika stres.

Lebih Fokus

Studi dari Universitas Michigan mengungkapkan, pergi ke luar rumah bisa meningkatkan fokus dan memori Anda hingga 20 persen. Studi yang dilakukan peneliti psikologi UM Marc Berman, John Jonides dan Stephen Kaplan menemukan, menghabiskan waktu di alam selama satu jam dapat meningkatkan fokus dan daya ingat jangka pendek sekira 20 persen. Mereka juga mengatakan, berjalan-jalan di alam memiliki efek yang sama dengan bermeditasi.

Baca juga:  Viral, Durian Segenggaman Tangan dan Rambutan Tanpa Rambut di Kalimantan

Tubuh Lebih Kebal

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, melakukan aktivitas di luar rumah dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap serangan virus atau penyakit radang. Menurut studi dari Universitas Illinois, menghabiskan waktu di alam memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit, termasuk depresi, diabetes, obesitas, ADHD, penyakit kardiovaskular, kanker, dan masih banyak lagi. Hal tersebut rupanya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang meningkat saat menghabiskan waktu di alam terbuka.

Tidur Lebih Nyenyak

Bagi Anda yang sering mengalami insomnia, mungkin ada baiknya mencoba berpergian ke luar rumah agar tidur lebih nyenyak. Pasalnya, ilmuwan di Universitas Colorado baru-baru ini menegaskan bahwa berkemah menjadi cara bagus melawan insomnia. Tidur di luar ruangan pada dasarnya mengkalibrasi ulang ritme sirkadian tubuh atau jam internal di tubuh Anda.

Tetapi jika Anda bukan tipe orang yang suka jalan-jalan ke hutan atau gunung untuk berkemah, Anda bisa mencoba jalan-jalan di luar rumah tanpa alas kaki untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Lebih Banyak Mendapatkan Vitamin D

Penduduk kota sangat rentan terhadap kekurangan vitamin D, sehingga menyebabkan depresi musiman, kabut otak, dan kelelahan. Sinar matahari merangsang sintesis vitamin D pada tubuh, hanya menghabiskan 10 menit di luar ruangan, jadi cobalah habiskan pagi dengan berjalan-jalan sebentar sebelum pergi sekolah atau kantor.

(Sumber: iNews)

Tags: