Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Alami Penuaan Dini? Waspadai Penyakit Langka Ini

Foto: Istimewa

Lingkungan dan gaya hidup tidak sehat, dapat mempercepat penuaan dini. Tetapi, tahukah kamu, jika ada kelainan genetik yang gejalanya ternyata meniru penuaan dini. Kondisi tersebut dikenal dengan Werner syndrome. Wah, sindrom apa tuh ya?

Dilansir dari Okezone pada Kamis (27/6/2019), Werner syndrome adalah penyakit yang membuat seseorang mengalami proses penuaan secara cepat. Awalnya, anak dengan sindrom ini tumbuh normal seperti anak lain. Namun, setelah melewati masa pubertas, akan terjadi perubahan fisik yang sangat cepat.

Menurut National Institute of Health, berbagai gejala Werner syndrome yang umum terjadi adalah bertubuh pendek, rambut beruban dan suara serak, kulit menjadi tipis dan keras, serta bagian lengan dan kaki sangat kurus.

Selain itu, gejala lainnya adalah terdapat penumpukan lemak abnormal di bagian tubuh tertentu, hidung menjadi runcing seperti paruh burung. Selain perubahan fisik, orang dengan sindrom ini juga akan merasakan masalah kesehatan yang biasanya menyerang lansia, misalnya katarak pada kedua mata. Tak jarang, mereka juga mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis).

Penyebab utama dari sindrom Werner adalah kelainan genetik akibat mutasi gen bermasalah. Cara menyembuhkannya pun harus melalui pemberian obat dan terapi. Proses pembedahan juga perlu dilakukan, jika pasien sudah mengalami penyakit fase kritis seperti katarak/kanker.