Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

Ajak Bayi Naik Pesawat, Perhatikan 6 Hal Ini

Foto : Instagram

JAKARTA – Buat orang tua yang ingin membawa si buah hati naik pesawat bisa jadi pengalaman yang menimbulkan kecemasan. Bayi berusia di bawah 2 minggu memiliki risiko lebih besar. Dalam usia dini ini, daya tahan bayi masih sangat lemah dan karenanya rentan untuk terjangkit penyakit seperti batuk atau flu dari orang sekitar di ruang kabin pesawat nanti.

Belum lagi, Anda harus memikirkan banyak hal, seperti bayi anda akan menangis di dalam pesawat dan bagaimana jika penumpang lain terganggu dengan hal tersebut? Nah, berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan sebelum membawa bayi atau balita Anda naik pesawat.

1. Mengecek popok bayi sebelum take off

Ketidaknyamanan bayi saat di pesawat tidak jarang karena popok yang basah dan dapat menyebabkan iritasi jika didiamkan terlalu lama. Oleh sebab itu, pastikan popok bayi Anda kering sebelum penerbangan atau segera menggantinya jika sudah basah.

2. Gunakan baby dan toodler car seats

Untuk keamanan dan kenyamanan bayi, Anda direkomendasikan untuk membawa baby & toodler car seats agar bayi merasa aman saat turbulensi dan nyaman di pesawat. Sebelum membawanya, pastikan dulu bahwa maskapai Anda memperbolehkannya atau bahkan menyediakan fasilitas untuk itu.

3. Bawalah kebutuhan bayi anda dua kali lipat

Saat berpergian jauh, bawalah kebutuhan bayi Anda dua kali lipat dari biasanya, seperti susu formula, popok, botol, makanan bayi, dan camilan. Hal ini untuk mengantisipasi bayi Anda jika kelaparan atau kehabisan popok saat penerbangan tertunda yang memakan waktu lama.

Baca juga:  MNC Play Dukung Konser 'Akustikonzerto' Bersama Fariz RM

4. Pakaian yang nyaman buat bayi

Anda mungkin akan membawa dan memakaikan bayi Anda dengan pakaian yang bagus. Tapi pikirkanlah kenyamanan dan kemudahan terlebih dahulu. Pilihlah pakaian yang nyaman untuk bayi Anda. Bawa juga kain atau selimut yang tebal untuk menjaga bayi Anda tetap hangat karena perubahan suhu di pesawat
kadang tidak stabil. Hal ini dapat mencegah bayi anda tidak menangis atau rewel saat di dalam pesawat.

5. Sedia susu dan biskuit untuk mencegah sakit telinga

Mengisap atau mengunyah membantu meringankan sakit telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan di kabin pesawat. Bawalah susu formula atau ASI yang dipompa dan beri bayi Anda satu botol saat take-off dan landing, sehingga Anda bisa menjaga agar bayi tetap nyaman. Jika anak tidak minum air susu dalam botol, maka Anda bisa mencoba dot empuk dan biskuit untuk balita.

6. Berikan Hiburan

Saat membawa bayi Anda bepergian dengan pesawat, Anda bisa membawa mainan atau menyediakan hiburan yang tepat bagi anak Anda. Misalnya dengan perangkat pintar atau mainan-mainan kesukaannya di rumah.

Itulah 6 tips yang bisa Anda lalukan saat bepergian membawa bayi. Selamat mencoba! (Kyky)