Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

8 Vitamin, Bantu Pulihkan Stamina Usai Mudik

Foto : Freepik

JAKARTA – Setelah menempuh perjalanan panjang selama mudik Lebaran 2019, pastinya tubuh anda merasa kelelahan. Karenanya, tidak ada salahnya untuk meminum vitamin guna memulihkan kembali stamina yang hilang.

Minum Vitamin juga menjadi salah satu cara memerangi penyakit. Maka dari itu, setiap orang minimal harus mencukupi dirinya dengan berbagai vitamin.

Nah, kami merangkum sejumlah vitamin yang anda butuhkan. Berikut selengkapnya sebagaimna dilansir dari Okezone.com:

1. Vitamin D

Para ilmuwan percaya bahwa Vitamin D menghasilkan enzim yang ‘mendetoksifikasi’ asam alami dalam tubuh, mencegah kerusakan pada organ internal, yang pada gilirannya mengurangi risiko kanker. Vitamin D terkandung dalam beberapa makanan tetapi kebanyakan dibuat ketika kulit kita terkena sinar matahari. Cara agar anda mendapatkan Vitamin D adalah dengan menghabiskan lebih lama di bawah sinar matahari, makan banyak ikan, dan minum suplemen harian.

2. Kalium

Studi menunjukkan asupan kalium yang rendah dapat menyebabkan tekanan darah lebih tinggi dan risiko lebih tinggi menderita stroke. Cara untuk Mendapatkan asupan Kalium adalah dengan memakan lebih banyak garam, makan lima porsi buah dan sayuran per hari, dan makan lebih banyak protein tanpa lemak.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat mencegah Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua dan dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak. Penyakit ini dicirikan oleh kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia.

Baca juga:  Raih Rp10 Juta, Iko Kalahkan Sang Bintang di Kilau DMD

Manusia harus mengonsumsi minimal 50-100 Mg Vitamin C per hari. Cara mendapatkan vitamin C adalah dengan mengonsumsi buah- buahan seperti Stoberi, Nanas, Brokoli, Mangga, dan lain sebagainya

4. Magnesium

Saking pentingnya fungsi magnesium, rangka manusia mampu menyimpan hingga 60 persen kebutuhan magnesium sementara sisanya tersimpan di dalam jaringan otot, jaringan lunak, hingga sel-sel darah. Magnesium berperan dapat mengusir insomnia. Cara mendapatkannya adalah dengan memakan Cokelat, Alpukat, Sayuran Hijau dan lain sebagainya.

5.Vitamin K2

Nutrisi ini sangat penting untuk memperkuat tulang kita. Penelitian terbaru memperlihatkan rendahnya vitamin K2 dengan peningkatan risiko patah tulang pada anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan Vitamin K2 dapat membantu mencegah penyakit penipisan tulang yang umum, osteoporosis, pada orang tua. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah banyak minum susu. Manusia pada umumnya harus mengonsumsi minimal 5 gelas susu per hari.

6. Vitamin B

Vitamin B dapat mengurangi stres. Ada delapan vitamin B esensial yaitu tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, biotin, asam folat, dan vitamin B12. Penelitian oleh Swinburne University di Australia menemukan bahwa mengonsumsi semua nutrisi ini dapat mengurangi stres terkait kerja hingga 20%.

Cara memasok vitamin B ke dalam tubuh adalah dengan banyak mengonsumsi daging, ikan, dan susu. Bisa juga dengan mengonsumsi buah dan sayur misalnya Blueberry, stroberi, ceri, Kentang, dan wortel.

Baca juga:  Bulu Mata Lita Copot, Pecah Tawa di MasterChef Indonesia

7. Zat besi

Kekurangan zat besi dapat memperlambat metabolisme, sehingga Anda kesulitan untuk menurunkan berat badan. Ini karena zat besi membantu membawa oksigen ke semua sel tubuh, termasuk otot Anda, yang pada gilirannya, membantu mereka membakar lemak.

Jadi, kekurangan nutrisi ini dapat mencegah lemak dibakar sebagai energi. Zat besi yang dibutuhkan seseorang per hari adalah 5-14,8 Mg zat besi. Cara mendapatkan zat besi ialah dengan mengonsumsi daging, kuning telur, ikan dan masih banyak lagi.

8. Vitamin A

Vitamin A memang berfungsi untuk meningkatkan penglihatan. Vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan dengan mempertahankan kornea bening, dan memungkinkan Anda melihat dalam kondisi cahaya rendah. Studi menunjukkan mendapatkan cukup vitamin A dapat membantu memerangi katarak dan penyebab paling umum kebutaan. Cara mendapatkannya dengan banyak mengonsumsi Hati, Susu, Yoghurt, Wortel, paprika, dan bayam.

Itulah 8 vitamin yang sangat penting untuk memulihkan stamina tubuh kalian setelah kelelahan mudik.