Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Terkini

8 Strategi MNC Bank Pacu Kinerja

JAKARTA – PT Bank MNC Internasional Tbk atau MNC Bank telah menyiapkan delapan strategi bisnis untuk menggenjot kinerja dan meningkatkan kualitas layanan serta produk perbankan. Hal ini diungkapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa MNC Bank dan Public Expose yang diselenggarakan di MNC Conference Hall, Jakarta, pekan lalu.

Direktur MNC Bank Widiatama Bunarto menjelaskan, saat ini MNC Bank tengah memasuki tahap kedua transformasi yakni Focusing The Business. Pada tahap ini, perseroan akan fokus untuk meningkatkan jumlah nasabah (customer base) dan nilai transaksi pada segmen Konsumer dan UKM.

“Ke depannya MNC Bank akan meningkatkan penetrasi pasar ke segmen konsumer dan retail yang didukung oleh segmen komersial dan korporasi sebagai pendukung serta memperkuat sinergi dengan MNC Group,” kata Widiatama.

Untuk memuluskan niatan perusahaan tersebut, emiten berkode saham BABP itu meramu delapan strategi bisnis MNC Bank:

1. Permodalan
Memperkuat struktur permodalan dengan melakukan penambahan modal melalui mekanisme Rights Issue. Business Strategy and Planning Head MNC Bank Hermawan menuturkan, dana yang diperoleh dari rights issue akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan.

“Tujuan kami melakukan rights issue selain untuk memperkuat struktur permodalan, juga untuk ekspansi, pemberian kredit dan pembelian surat berharga. Harga kami tentukan di harga Rp100 per lembar saham,” katanya.

2. Produk dan jasa
Inovasi produk dan layanan dengan konsep pembangunan “Platform” yang sekaligus berfungsi sebagai jaringan distribusi. MNC Bank saat ini memiliki tiga aplikasi digital yaitu punyakartu, punyacelengan, dan punyarumah. “MNC Bank melengkapi layanan melalui inovasi produk dan layanan berbasis teknologi guna memenuhi kebutuhan nasabah,” sebut Widiatama.

Baca juga:  MNC Travel Gaungkan Budaya Indonesia di Denmark

3. Strategi akuisisi nasabah
Perseroan juga fokus menciptakan sinergi dalam grup MNC serta memanfaatkan jaringan media grup dan digital channel MNC Bank. Baru-baru ini, MNC Bank dan MNC Life bekerja sama menggelar pelatihan berupa Cluster Training di Integrated Branch MNC Financial Service Surabaya.

Melalui acara tersebut, MNC Bank menunjukkan bukti komitmen perseroan untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi nasabah. Selain itu, kemitraan juga sesuai dengan misi MNC Bank dalam menawarkan layanan keuangan yang mengikuti gaya hidup dan memudahkan nasabah.

4. Pengembangan infrastruktur
Pengembangan dan pembaruan infrastruktur/aplikasi termasuk perangkat keras dan lunak untuk mendukung akuisisi dan layanan nasabah. Sejak 2016, MNC Bank telah melakukan berbagai inovasi untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan seperti internet banking, mobile banking serta berbagai aplikasi seperti punyakartu, punyacelengan, dan punyarumah.

5. Jaringan distribusi 
Penataan ulang jaringan cabang secara keseluruhan agar lebih produktif. Hal tersebut dilaksanakan karena perseroan berfokus kepada click daripada brick. Brick adalah membangun sebanyak mungkin kantor cabang.

Sementara click menjadikan smartphone sebagai touchpoint MNC Bank. Artinya, melalui telepon pintar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dimana pun dan kapan pun.

6. Sumber daya manusia (SDM)
Peningkataan kualitas SDM melalui pelatihan terstruktur dan perekrutan karyawan senior dengan keahlian khusus. Beberapa waktu lalu, MNC Bank dan MNC Life bekerja sama menggelar cluster training di MNC Financial Services Integrated Branch, Surabaya.

Baca juga:  Chef Renatta Tersedak Duri, Chef Juna Tumpahkan Lagi Amarahnya

Direktur MNC Bank Rita Montagna meyakini peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui acara training ini adalah bukti komitmen perseroan untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi nasabah.

“Melalui kemitraan ini, kami tidak hanya membuka akses inklusi asuransi jiwa secara lebih luas, tetapi juga sebagai komitmen terhadap nasabah dalam menyediakan solusi yang bermanfaat dan tepat guna,” ungkap Rita.

7. Penyelesaian kredit bermasalah
Guna mengatasi kredit bermasalah, komite Spesial Asset Management dibentuk oleh MNC Bank. “Kebijakan pemulihan kredit bermasalah yang merupakan bagian dari akuisisi masa lalu bertujuan agar bisnis kami bisa berkembang lebih cepat di masa mendatang,” ujar Widiatama.

8. Peningkatan Kualitas Risk Management & GCG
Menerapkan Integrated Risk Management Framework dan penguatan Good Corporate Governance. Seperti diketahui, MNC Bank selalu serius dalam menjaga reputasi perseroan yang ditunjukkan dengan pemenuhan aspek tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG), komunikasi baik dengan masyarakat dan regulator, dan menghadirkan pelayanan dan inovasi terbaik.

Hal ini terbukti dengan sederet penghargaan yang sudah diterima perseroan dalam beberapa tahun terakhir ini. Terbaru, MNC Bank berhasil meraih dua penghargaan dari dua ajang penganugerahan yang berbeda.

Perseroan memperoleh predikat Innovative Company in Digital Banking Applications dari majalah Warta Ekonomi. Selain itu, MNC Bank juga berhak menyandang gelar The Best Reputable Banking With Customer Satisfaction of The Year dari Indonesia Inspire!.

Baca juga:  MNC Life Raih Indonesia Digital Innovation Award 2018

Kemampuan MNC Bank menjaga reputasi dan selalu berinovasi juga sejalan dengan kinerja keuangan yang cemerlang. MNC Bank pada kuartal I-2018 berhasil membukukan laba sebesar Rp94,8 miliar, atau tumbuh 294 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1