Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

8 Cara Cepat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menjaga metabolisme tubuh sangat penting dilakukan untuk mendukung kesehatan. Apalagi sekarang sedang musim pancaroba yakni peralihan dari musim kemarau ke penghujan, kita bisa lebih rawan terpapar sakit.

Untuk itu, sebaiknya daya tahan diperkuat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur dan banyak minum air putih. Itu semua demi meningkatkan metabolisme tubuh.

Dilansir okezone.com dari laman Boldsky, Kamis (5/10/2017), berikut adalah 8 cara cepat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme. Berikut ulasannya yang harus Anda simak dan jangan lupa terapkan ya.

  1. Bijak berdiet

Berbagai macam diet ketat dapat membuat tubuh tersiksa. Akibatnya, Anda dapat mengalami gangguan metabolisme tubuh yang buruk. Selalu berkonsultasi jika Anda ingin memulai diet, begitu juga lakukan hal serupa selama proses diet. Pada dasarnya diet adalah hal baik, asalkan dilakukan dengan matang dan atas pengawasan dokter dan ahli gizi.

  1. Hindari makanan manis

Aneka makanan manis dan minuman yang didalamnya ditambahkan pemanis buatan dapat menyebabkan penumpukan di aliran darah. Hal ini berbahaya, karena dapat mengganggu siklus hormon. Sebelum melahapnya, pikir-pikir dulu bahayanya supaya tak mengalami gangguan kesehatan nantinya.

  1. Hindari latihan kardio berlebihan

Latihan cardio yang berlebihan dapat berkontribusi pada kadar kortisol. Anda bisa mengalami kehilangan otot dan menurunkan fungsi tiroid. Lebih baik berolahraga kardio seperti lari selama 30 menit dan melakukannya 3-4 kali dalam satu pekan, ketimbang ‘menumpuk’ durasi olahraga dengan berlari 1-1,5 jam sekaligus pada hari Minggu.

  1. Jangan ngemil
Baca juga:  Depresi Juga Mengincar Kaum Milenial, Ini Buktinya

Camilan-camilan yang tidak sehat umumnya mengandung lemak jenuh dan karbohidrat. Jangan terlalu sering, karena dapat mengganggu metabolisme tubuh Anda sepanjang hari.

  1. Selalu makan di jam yang sama

Saat perut lapar merupakan sinyal bahwa Anda harus makan. Usahakan makan setiap hari di jam yang sama. Jika tidak, hormonal dapat terganggu, yang menyebabkan stres, penurunan fungsi tiroid, pencernaan yang buruk dan hilangnya massa otot

  1. Hindari makanan instan

Segala macam makanan instan dari daging olahan, frozen food, dan sumber makanan lainnya dapat juga mengganggu metabolisme. Jika ingin stabil, hindari berbagai jenis makanan tersebut. Dampaknya bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan yang fatal.

  1. Tidur cukup

Selepas beraktivitas, seseorang harus tidur cukup dan berkualitas. Cara ini dapat mengembalikan sistem metabolisme tubuh yang sempurna sepanjang hari. Usahakan, waktu tidurnya 6-8 jam sepanjang malam.

  1. Makan banyak lemak sehat

Anda harus mulai mengonsumsi lemak sehat di waktu makan. Pastikan minimalisir jumlah lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak, dampaknya bikin obesitas dan mengganggu metabolisme.*

Dapatkan inspirasi gaya hidup sehat dan informasi kesehatan lainnya di lifestyle.okezone.com/health

Tags: