Ketik pencarian Anda

MNC Peduli

8.900 Bayi Lahir Sumbing, MNC Peduli Gelar Operasi Gratis

JAKARTA — Bibir Sumbing merupakan cacat lahir nomor satu yang terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Berdasarkan data Smile Train Indonesia, setiap tahun ada 8.900 bayi di Indonesia yang lahir sumbing. Sekira 50% dari mereka tidak mendapatkan penanganan yang serius. Hal ini dikarenakan mereka kurang mampu untuk membiayai operasi atau ketidaktahuan mereka bahwa sumbing dapat diperbaiki.

Sumbing terjadi akibat jaringan lunak tengah tidak menyatu dengan sempurna sehingga terjadi perpecahan pada masa perkembangan janin. Perpecahan dapat terjadi pada bagian bibir saja, pada atap mulut atau langit-langit atau bahkan keduanya.

Penyebab terjadinya bibir sumbing belum diketahui secara pasti.Tetapi, banyak ahli sepakat bahwa penyebabnya adalah multifaktor termasuk predisposisi genetik serta isu-isu lingkungan seperti penggunaan obat-obatan dan alkohol, merokok, gangguan kehamilan, infeksi, dan kekurangan vitamin B asam folat.

Akibat deformitas wajah dan kesulitan berbicara, anak-anak yang lahir sumbing kadang sulit diterima di lingkungan sosialnya.

Sepanjang 2017, MNC Group melalui MNC Peduli telah menggelar tujuh kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing gratis di Karawang, Gombong, Semarang, Jambi, Tasikmalaya, dan Lampung. Adapun di Gombong operasi gratis dilakukan dua kali.

Ketua 1 MNC Peduli Syafril Nasution mengatakan kegiatan operasi bibir sumbing merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh MNC Peduli bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga:  MNC Peduli Ajak Karyawan Donor Darah

“MNC Peduli rutin menggelar kegiatan sosial, seperti operasi bibir sumbing gratis sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan agar mereka dapat tersenyum sempurna,” kata Syafril.
Sebagai informasi, kegiatan operasi gratis serupa sudah dilakukan MNC Peduli sejak tahun 2013. Hingga Oktober 2017 terdapat lebih dari 700.000 pasien reguler dan non-reguler telah dibantu MNC Peduli.

Ke depannya kegiatan operasi massal akan terus digelar di beberapa kota yang tersebar di Indonesia. *

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1