Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

7 Rahasia Merawat Jilbab Berbahan Katun

Foto: Pixels

Jilbab katun kerap digemari perempuan Indonesia. Pasalnya, katun terbuat dari serat tumbuhan alami yang ringan, tidak licin, serta membuat rambut dan kulit kepala bernapas. Jilbab katun pun membuat penggunanya tetap nyaman dan adem.

Agar tidak cepat rusak bahannya, Anda harus memperhatikan cara merawat jilbab katun. Yuk simak 7 trik berikut seperti dilansir Okezone pada Jumat (24/5/2019).

1. Cuci terpisah


Cuci jilbab katun berwarna secara terpisah, jangan gabung dengan pakaian lain. Hal ini lantaran kain katun sering melepaskan warna, khususnya pada pencucian pertama.

2. Pakai air dingin


Mencuci jilbab dengan air dingin dapat menjaga jilbab agar tak menyusut, juga tidak melar. Air dingin juga mampu mencegah pudarnya warna terang maupun gelap.

3. Hindari pemutih murni secara langsung


Menggunakan bleaching atau zat pemutih langsung dapat membuat lubang pada jilbab. Serat kapas katun akan menjadi lemah, jilbab pun jadi mudah sobek.

4. Pakai penghilang noda yang aman


Jika noda di jilbab masih baru, taruh jilbab di bawah kucuran air dingin selama 3-5 menit. Lalu, gosok noda dengan lembut. Jika noda masih ada, ulangi menggosok dengan lembut dua hingga tiga kali. Sedangkan untuk noda yang sudah lama, gosokkan sedikit deterjen cair saat permukaan masih lembab, lalu biarkan selama 5-7 menit. Gosok perlahan hingga noda hilang.

Baca juga:  Awas!! Jangan Sembarang Unggah Foto Anak di Sosmed

5. Hindari pelembut pakaian


Tak perlu repot-repot menggunakan pelembut saat mencuci jilbab katun. Cukup pilih deterjen cair yang ringan. Sebab pada dasarnya, bahan jilbab katun sudah lembut dan murni.

6. Setrika dengan suhu medium


Atur suhu medium untuk menyetrika jilbab katun. Jangan gunakan suhu terlalu panas, agar jilbab tak berkerut.

7. Pakai gantungan jilbab bertekstur tebal


Pilih gantungan jilbab yang tebal, untuk menjemur sekaligus menyimpannya di lemari. Jilbab katun ini mudah kusut, sehingga idealnya disimpan dengan cara digantung, bukan dilipat.