Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

7 Manfaat Berolahraga Ringan Selama 30 Menit Bagi Kesehatan

Bukanlah hal yang mudah untuk memulai hidup sehat dengan menanamkan kebiasaan berolahraga pada diri sendiri. Tetapi, ternyata Anda tidak perlu memilih olahraga yang berat dan memakan waktu lama untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Dengan melakukan latihan fisik selama 30 menit saja, Anda sudah dapat merasakan beberapa manfaat bagi tubuh. Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Energi
Bila tingkat energi Anda rendah maka setengah jam latihan fisik adalah hal penting yang Anda butuhkan untuk menambah energi pada tubuh Anda. Nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan tubuh akan dipulihkan secara otomatis sehingga meningkatkan energi anda.

2. Baik untuk jantung
Bagi Anda yang merasa khawatir dengan berbagai masalah jantung, latihan fisik jangka pendek selama 30 menit bisa melawan semua penyakit terkait jantung. Saat anda menjadi lebih aktif, kolesterol baik mulai meningkat dan trigliserida tidak sehat secara otomatis menurun.

3. Mengurangi stres
Latihan fisik umumnya meningkatkan kadar kimia pada otak seperti norepinephrine yang membantu mengendalikan dan mengatasi stres.

4. Meningkatkan memori
Memori dan latihan fisik adalah dua hal yang berkaitan. Semakin sering berolahraga maka semakin banyak sel yang diproduksi di bagian otak yang disebut hippocamus. Fungsinya adalah mengendalikan pemikiran dan meningkatkan ingatan anda.

5. Mengurangi berat badan
Penelitian menunjukkan, melakukan olahraga yang tidak terlalu lama (30 menit) dapat memperoleh banyak manfaat salah satunya menurunkan berat badan.

Baca juga:  5 Tips Travelling Paling Populer di Dunia Ini Dianggap Sudah Kuno

6. Menjaga tingkat tekanan darah
Dengan berolahraga singkat, kemungkinan peningkatan tekanan darah bisa berkurang hingga 29%. Berolahraga di waktu senggang juga dapat membuat Anda terhindar dari mengonsumsi pil seumur hidup yang biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki tekanan darah tidak normal.

7. Mengurangi risiko diabetes
Latihan fisik sudah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga membuat kerja pankreas di tubuh kita jauh lebih mudah. Sehingga produksi insulin di sistem kita terpelihara dengan baik dan risiko terkena diabetes tipe II juga akan menurun.

Sumber: Sindonews.com dan Okezone.com

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1