Ketik pencarian Anda

Uncategorized

7 Hal yang Identik dengan 17an, Apa Saja?

Foto : MNC Media

Jakarta – Memperingati 17an, selalu memiliki kemeriahan tersendiri. Tidak hanya di kota-kota besar, namun hingga ke pelosok negeri.

Masyarakat umumnya menyambut antusias dan penuh sukacita. Gelora kemerdekaan seakan menular disetiap daerah. Berbagai lomba hingga, karnaval pun digelar, siswa sekolah dan aparatur negara tak ketinggalan, mereka dengan sigap melaksanakan upacara bendera.

Tahun ini, negara kita Indonesia memasuki usia ke-74. Mengusung slogan resmi “Menuju Indonesia Unggul” Bapak Presiden mengajak untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

7 hal lain menyambut 17an di antaranya:

1. Pasang Bendera

Sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan dan kebanggaan sebagai bangsa, rakyat Indonesia selalu memasang bendera Merah Putih saat Agustus. Tidak hanya bendera, namun juga umbul-umbul dan pernik lainnya.

2. Upacara

Setiap 17 Agustus, sekolah-sekolah dan instansi pemerintahan selalu melaksanakan upacara bendera. Di Istana Negara, upacara dipimpin Presiden RI. Di puncak-puncak gunung, pegiat alam bebas dan mapala pun umumnya melaksanakan upacara HUT RI ini.

3. Lomba Agustusan

Agustusan tidak lengkap tanpa lomba-lomba. Sebut saja panjat pinang, makan kerupuk, memasukkan paku dalam botol, gebuk bantal, atau balap karung. Kemeriahaan selalu tercipta saat lomba ini digelar. Berbagai lomba ini bahkan sering bikin heboh dan mengundang tawa.

4. Karnaval

Di berbagai kota, karnaval digelar untuk memperingati HUT RI. Tak ketinggalan, pawai sepeda/mobil hias juga turut memeriahkan.

Baca juga:  MNC Life & Reliance Finance Kerja Sama Berikan Asuransi Jiwa kepada Debitur

5. Dekorasi Gapura

Mendekorasi gapura menjadi pemandangan lazim saat Agustus tiba. Di kampung-kampung, warga bergotong royong sekadar mengecat ulang atau membuat hiasan baru untuk mempercantik gerbang masuk wilayahnya itu. Umumya, tulisan 17-8-1945 selalu terpampang di gapura.

6. Selamatan kampung/renungan suci

Di banyak daerah, tradisi tasyakuran atau selamatan di malam HUT kemerdekaan RI masih bertahan hingga kini. Selamatan menjadi momentum silaturahmi sekaligus renungan atas pengorbanan para pahlawan saat merebut kemerdekaan.

7. Promo Menarik

Untuk memeriahkan HUT RI, pelaku bisnis ramai-ramai memasang promo menarik. Selain untuk menggaet konsumen, promo juga andil mereka dalam mengisi Hari Kemerdekaan. PT KAI Daop 1, misalnya, memberikan tiket gratis untuk perjalanan lima KA lokal selama satu hari pada 17 Agustus.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, sekaligus sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api, maka untuk perjalanan 5 KA Lokal pada 17 Agustus 2019 akan digratiskan,” kata Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah, melalui keterangan tertulis, Jumat (16/8).