Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

6 Pertolongan Pertama Atasi Kram Kaki

JAKARTA – Kram otot merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba. Biasanya menyerang area kaki dan bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit.

Kram otot disebabkan karena beberapa hal mulai dari terlalu berat melakukan olahraga tertentu hingga dehidrasi. Ini dapat menimpa siapa saja baik atlet atau pun bukan atlet. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui pertolongan pertama jika terjadi kram otot.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan jika mengalami kram otot seperti dilansir dari Sindonews.com dari Healthline.

1. Hentikan aktivitas
Jika kram otot terjadi, segera hentikan aktivitas. Selanjutnya, regangkan otot dan berikan pijatan secara perlahan dan lembut.

2. Rendam air hangat
Taburi kain basah dengan garam dan letakkan pada bagian tubuh yang kram sambil memberikan tekanan secara perlahan. Selain itu, garam juga bisa ditambahkan pada air dan rendam bagian tubuh yang kram pada air tersebut.

Cara ini kerap dilakukan para pelatih dan ahli terapi fisik. Penggunaan magnesium di luar tubuh dalam bentuk garam epsom atau garam yang mengandung magnesium dan sulfur bisa mengatasi kram otot.

3. Hidrasi
Perbanyak minum atau hidrasi bisa membantu mengatasi kram otot. Meski membutuhkan waktu lama untuk meredakan kram, setelah mengonsumsi air atau minuman yang mengandung elektrolit, kram akan segera teratasi.

Baca juga:  Tak Sekedar untuk Dikunyah, Permen Karet Ternyata Punya Manfaat

4. Berjalan
Berjalan dapat mengirimkan sinyal bahwa otot perlu berkontraksi dan bersantai. Lalu, pijat bagian tubuh yang mengalami kram secara rutin.

5. Konsumsi magnesium
Konsumsi makanan yang kaya magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, kram juga bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen magnesium.

6. Gunakan obat pereda rasa sakit
Gunakan obat-obatan pereda rasa sakit atau painkiller seperti ibuprofen atau gel penghilang nyeri sesuai petunjuk penggunaan.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1