Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

6 Menu Soto Rekomendasi Mister Aladin, Pas Banget saat Musim Hujan

Foto: MNC Media

JAKARTA – Yang hangat-hangat memang bikin nyaman saat hujan mengguyur. Entah itu mandi pakai air hangat, minum minuman hangat, ataupun makan makanan hangat.

Ngomong-omong soal makanan hangat, Mister Aladin bakal kasih rekomendasi menu khas Indonesia yang memiliki kuah lezat dan cocok dikonsumsi saat musim hujan seperti saat sekarang ini. Apa, tuh? Nih, cobain enam soto rekomendasi Mister Aladin yang dikutip dari blog.misteraladin.com, Rabu (18/12/2019):

1. Coto Makassar – Sulawesi Selatan

Daging dan jeroan sapi menjadi bahan utama Coto Makassar. Daging sapi plus jeroan tadi disiram kuah pekat yang mengandung rempah-rempah. Selain rempah, bumbu utama lain untuk membuat kuahnya adalah sambal tauco yang bikin tambah bikin ketagihan. Biasanya, Coto Makassar tidak dimakan dengan nasi, tapi buras, yakni semacam ketupat yang dibungkus daun pisang.

2. Soto Banjar – Kalimantan Selatan

Sesuai namanya, soto Banjar berasal dari Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan. Nggak seperti kuah coto Makassar yang pekat, kuah soto Banjar bening. Dan, dagingnya bukan daging sapi, melainkan ayam. Soto Banjar bisa dimakan dengan nasi, bisa juga dengan ketupat.

Ayam disuwir, ditambahkan bihun, telur rebus, dan perkedel jagung. Selanjutnya, disiram kuah bening, ditaburi bawang goreng dan seledri, serta diberi perasan jeruk nipis. Hmmm, mantap! Semakin mantap, karena biasanya penjual soto Banjar juga menyediakan sate ayam. Soto plus sate, kenyang, euy!

Baca juga:  Ini Susunan Direksi dan Komisaris MNC Land yang Baru

3. Soto Madura – Jawa Timur

Kekhasan soto Madura adalah kuahnya yang berwarna kuning pekat. Warna kuning itu berasal dari kunyit. Sama seperti coto Makassar, daging yang digunakan pada soto Madura adalah daging sapi plus jeroan-jeroannya. Tidak lupa taburan bawang goreng, seledri, dan perasan jeruk nipis.

4. Soto Bebek Klaten – Jawa Tengah

Soto yang satu ini unik banget. Nggak pakai ayam dan nggak juga pakai daging sapi, tapi pakai bebek. Jarang-jarang, kan, nemu bebek yang dimasak jadi soto? Isi dari soto bebek Klaten adalah daging bebek yang disuwir, taoge, dan kubis.

5. Tauto Pekalongan – Jawa Tengah

Tauto di sini sama dengan coto pada coto Makassar. Jadi, tauto adalah sebutan soto di Pekalongan. Warna kuah tauto merah kecokelatan. Bahan “kunci” dalam kuah tauto adalah tauco. Dagingnya bisa daging sapi atau ayam. Selain ayam atau sapi, ada juga bihun dan tauge. Tauto bisa dimakan dengan nasi, bisa juga dengan lontong. Untuk rasanya, campuran antara gurih, asam, dan pedas.

6. Soto Mi Bogor – Jawa Barat

Warga-warga Jabodetabek pasti tahu soto yang ini, dong? Sesuai namanya, salah satu isian pada soto mi Bogor adalah mi, bisa mi kuning atau mi putih (bihun). Isian lainnya adalah daging sapi, kubis, tomat, dan kentang. Satu hal yang membedakan soto mi Bogor dengan soto pada umumnya adalah adanya risol. Jadi, lauk di soto ini bukan hanya satu, yakni daging sapi, melainkan dua, yakni daging sapi dan risol. Kenyang, deh, pasti!

Baca juga:  Bagaimana Reaksi Farida Mengetahui Mardian Adalah Manusia Harimau?

Jelajahi kuliner Nusantara bersama Mister Aladin. Segera kunjungi www.misteraladin.com untuk pengalaman liburan yang berbeda!