Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

6 Jenis Kurma, Nomor 2 dan 3 Untuk Kesuburan

Foto : Pixabay

JAKARTA – Kurma, menjadi buah yang paling banyak dicari saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Namun, tahukah kamu ternyata jenis buah kurma itu sangat beragam. Bahkan, ada jenis kurma yang bermanfaat untuk kesuburan karena mengandung serat dan mineral yang tinggi.

Mau tahu apa saja, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Kurma Ajwa

Di antara jenis kurma lainnya, kurma satu ini yang paling mahal. Kenapa? Karena kurma yang berasal dari Madinah dan punya nama lain kurma nabi.

Memiliki bentuk yang padat dan agak keras tapi paling enak. Ciri-ciri lainnya, berwarna hitam pekat dan ada serat-serat berwarna cokelat pada permukaannya. Rasa manisnya menyerupai kismis, wujudnya kering, tidak lembab, dan ukurannya agak besar.

2. Kurma Rutab

Di negara asalnya, kurma muda lebih dikenal dengan sebutan kurma Rutab. Kurma Rutab sendiri sebenarnya merupakan kurma yang masih setengah matang. Kurma ini berkhasiat untuk menyuburkan wanita. Sehingga cocok dikonsumsi untuk yang sedang melakukan program hamil.

Harga kurma ini dibanderol antara Rp 200.000-Rp 250.000 per kg. Kurma ini memiliki ciri-ciri berwarna kuning gading dan teksturnya agak keras karena memang masih mentah.

3. Kurma Sukari

Jenis Kurma ini mempunyai tekstur kenyal dan lembut dengan warna cokelat gelap. Nama lain dari kurma sukari adalah kurma Raja, hal ini dikarenakan pada zaman dahulu kurma ini merupakan favorit para raja-raja. Dan ternyata setelah diteliti lebih dalam kurma sukari bermanfaat untuk penambah stamina dan vitalitas pria.

Baca juga:  Dibalik Kejayaan Sang macan Tanpa Kandang

Kurma ini berasal dari Arab Saudi dan termasuk salah satu jenis kurma termahal. Ada dua jenis kurma sukari, yang pertama kurma sukari basah dan yang kedua kurma sukari kering.

4. Kurma Lulu

Jika ingin makan kurma yang bentuknya mirip kurma nabi dan harganya lebih murah, kalian bisa pilih kurma Lulu. Kurma ini memiliki ciri-ciri hitam pekat, namun ukurannya agak lebih kecil dari kurma nabi. Kurma lulu juga gak ada garis-garis atau serat di permukaannya.

5. Kurma Amer Hajj

Kurma ini biasa disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma yang berasal dari Irak ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Kurma jenis ini sering dikenal dengan “welcome kurma”, karena sering dihidangkan untuk menyambut tamu. Kurma dari Irak ini terkenal dengan harganya yang murah.

6. Kurma Palmfruit

Jenis kurma yang paling umum dibeli adalah kurma Palmfruit yang berasal dari Tunisia. Kurma ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang, warna cokelat kemerahan, tekstur cenderung kenyal, dan rasanya manis.

Itulah 6 jenis kurma yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Nah, kalian lebih suka yang mana?