Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

5 Tempat Menarik di Jakarta untuk Menambah Kemeriahan Imlek Anda

Foto: Arsan/Okezone

JAKARTA – Tahun baru Imlek tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang merayakannya, imlek selalu memiliki momen suka cita bersama keluarga.

Nah, setelah kumpul bersama keluarga, sepertinya melancong ke beberapa tempat menjadi pilihan tepat. Bagi Anda yang tidak memiliki rencana bepergian ke luar kota dan ingin menghabiskan liburan Imlek kali ini dengan menjelajahi kota Jakarta, berikut rekomendasi tempat menarik untuk menambah kemeriahan perayaan Imlek yang dilansir dari blog.misteraladin.com:

1. Petak Sembilan

Dari berbagai kawasan tempat di Jakarta, Petak Sembilan pasti sudah tidak asing lagi. Biasa disebut kawasan pecinan Petak Sembilan, tempat ini memiliki nuansa tradisional negeri China yang super kental dam menjadi saksi bisu perkembangan budaya Tionghoa di Jakarta.

Tahun Baru Imlek di Petak Sembilan juga bisa dikatakan sebagai yang paling sakral dan meriah di Ibu Kota. Di kawasan Petak Sembilan terdapat bangunan Vihara, pertokoan, hingga ruko. Selain itu ada pernak-pernik kebutuhan Imlek yang bisa dibeli, seperti angpao atau lampion. Pengunjung juga bisa mencicipi sekaligus membeli makanan khas Imlek yang ada di sana.

2. Klenteng Kim Tek Le

Klenteng Kim Tek Le atau Wihara Dharma Bakti masih berada di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Klenteng ini adalah yang tertua di Jakarta. Selain dinamakan Kim Tek Le, klenteng ini juga dikenal dengan Jin De Yuan dan telah ada sejak tahun 1650 sebelum adanya perang dunia ke-2.

Baca juga:  Anak Semangat Belajar Usai Libur Panjang, Bisa!

Klenteng ini memiliki tempat ibadah yang sangat indah, bangunannya didominasi dengan warna emas dan merah. Pilar serta gerbang klenteng tersebut juga begitu tinggi dan besar dengan warna merah menyala yang begitu terang.

Sedikit kisah dari klenteng tersebut, ketika Anda berkunjung dan sampai di depan klenteng, Anda akan disuguhi pemandangan sepasang singa atau bao gu shi. Diyakini bahwa keduanya adalah penunggu klenteng dari abad ke-18 yang berasal dari Provinsi Kwangtung, Tiongkok Selatan.

3. Klenteng Boen San Bio

Klenteng Boen San Bio yang terletak di daerah Karawaci dapat ditempuh dengan KRL dari Jakarta. Klenteng ini termasuk yang megah di daerah jalan Pasar Baru, Tangerang. Klenteng megah ini juga dipergunakan sebagai tempat beribadah bagi penganut agama seperti Kong Hu Cu, Tao dan Buddha.

Klenteng Boen San Bio sangat kental dengan budaya dan kultur Tiongkok. Di tempat ini pengunjung akan menikmati nilai historis pada tekstur dan arsitektur bangunan yang sudah cukup lama berdiri. Saat perayaan Imlek klenteng Boen San Bio akan semakin meriah oleh pedagang-pedagang kuliner yang bisa dijajal oleh para pengunjung.

4. Ancol

Ancol memang selalu jadi tujuan utama bagi para wisatawan yang ingin berlibur, termasuk libur perayaan Imlek. Saat Imlek, ada berbagai hiburan yang bisa Anda nikmati, mulai dari barongsai, tari lampion, hingga pertunjukan seni lainnya. Yap, Ancol selalu menghadirkan tema-tema baru yang unik dan pastinya tidak pernah membuat para pengunjung bosan untuk berkunjung. Jadi, buat kamu yang belum berencana ke mana-mana, Taman Impian Jaya Ancol juga bisa jadi destinasi tepat dikunjungi saat Tahun Baru Imlek.

Baca juga:  Maria Simorangkir Siapkan Strategi Khusus Jelang Grand Final Indonesian Idol

5. Kuliner di Pecenongan

Setelah lelah berjalan-jalan menikmati kemeriah imlek, belum afdol jika Anda tidak berburu kuliner yaitu Chinese food. Nah, berkunjung ke Pecenongan adalah jawabannya.

Kawasan Pecenongan memang terkenal sebagai surga makanan lezat bagi pecinta kuliner, khususnya ragam masakan khas China yang cocok untuk Anda yang sedang merayakan Imlek. Berbagai jajanan berjejer di sepanjang jalan, pengunjung bisa menikmati makanan khas China demi memeriahkan suasana Imlek.

Deretan restoran yang menjual masakan Chinese food juga bisa Anda jumpai dengan mudah. Ohiya, setelah puas menyantap kuliner khas China, jangan lupa ya, cicipi juga martabak Pecenongan yang terkenal enak dan sekaligus jadi ikon kawasan kuliner Pecenongan.