Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

5 Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan, Nomor 4 Wajib Tahu!

Foto : Elok Nuriyatur Rosyidah

JAKARTA – Bulan Ramadhan menyimpan banyak rahasia dan keistimewaan. Dari banyaknya peristiwa penting di bulan Ramadhan, ada lima peristiwa besar yang perlu diketahui umat muslim.

Dan tahukah kamu, peristiwa maha penting bagi keberlangsungan negara Indonesia juga terjadi pada bulan suci Ramadhan. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini selengkapnya:

1. Peristiwa Perang Badar

Pada hari ke-17 Ramadhan terjadi perang Badr. Hari itu dinamakan Yaumul furqan dimana dua golongan saling berhadapan. Peristiwa ini merupakan pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya.

Perang ini terjadi pada Bulan Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah (atau 13 Maret 624 Masehi). Pasukan kaum muslim yang hanya berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan kafir Quraisy Makkah yang berjumlah 1.000 orang lebih.

Dalam pertempuran ini, Allah memberikan kemenangan kepada pasukan Muslim yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW. Pasukan muslim menghancurkan pertahanan pasukan Quraisy. Inilah kemenangan besar umat muslim yang terjadi di Bulan Ramadhan.

2. Penaklukan Makkah

Penaklukan Makkah atau dikenal dengan istilah Fathu Makkah. Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena terjadi pada bulan Ramadhan (tanggal 10) tahun 8 Hijriyah (atau tahun 630). Saat itu Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah.

Kemudian menguasai Kota Makkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun. Kaum muslimin juga menghancurkan berhala yang ada di dalam dan sekitar Ka’bah. Setelah itu orang-orang Quraish Makkah memeluk Islam secara berbondong-bondong.

Baca juga:  Foto Bareng Pria 'Ganteng Bener' di Indonesian Idol, Maia Buat Heboh Netizen

3. Lailatul Qadar

Peristiwa ketiga adalah Lailatul Qadr yaitu malam mulia yang terjadi di bulan Ramadhan. Alquran menggambarkannya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Peristiwa ini juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Keistimewaan malam ini diabadikan dalam Alquran Surah Al-Qadr, surat ke-97.

Habib Abdullah bin Alwi Haddad mengatakan, barangsiapa mendapati malam itu dan beramal di dalamnya dengan melakukan ketaatan kepada Allah selama 12 tahun misalnya, maka pahalanya sama dengan melakukan ketaatan kepada Allah seribu tahun. Betapa banyak barokah dan kebaikan di bulan Ramadhan.

Maka beruntunglah siapa yang mengetahui keistmewaan Ramadhan dan memanfaatkan malam dan siangnya untuk mendekatkan diri kepada Rabb, Tuhan semesta Alam. Itulah karunia Allah. Dia memberikannya kepada siapa yang Dia kehendaki dan Allah memiliki karunia yang besar.

4. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Jumat, 17 Agustus 1945 merupakan waktu keramat bagi bangsa Indonesia. Pada hari itu tonggak baru perjalanan bangsa Indonesia dimulai dengan dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Dalam kalender Islam, 17 Agustus 1945 sama dengan 9 Ramadhan 1364 H. Pemilihan tanggal itu sebagai hari proklamasi kemerdekaan dinilai sebagai waktu yang tepat oleh kalangan Islam. Sebab, jatuh pada hari baik yakni Jumat dan bulan suci Ramadan.

5. Ali bin Abi Thalib Dibunuh

Pembunuhan atas Ali bin Abi Thalib oleh seorang Khawarij bernama Abdurrahman bin Muljam pada 21 Ramadhan 40 H. Sehari sebelum operasi militer dimulai, Ali bin Abu Thalib memasuki masjid di Kufa untuk sembahyang Subuh hari Jumat. Di sana, seseorang bernama Abd al-Rahman ibn ‘Amr ibn Muljam, seorang pengikut Khawarij, menerobos kerumunan jamaah salat sambil berteriak, “Penghakiman milik Allah, bukan milik engkau, wahai Ali.” Ibn Muljam menyabet pedang beracunnya dan tepat mengenai kepala Ali. Meskipun hanya tergores kecil, tapi cukup membuat racunnya bekerja dengan cepat. Dua hari kemudian, Ali wafat pada malam 21 Ramadan 40 Hijriah.

Baca juga:  MNC Group Beri Bantuan Kesehatan dan Bedah Rumah di Kampung Buaran

Itulah sejumlah peristiwa penting pada bulan Ramadhan. Yuk, puasa bereng MNC dan jangan lupa jaga sikap kita sertahindari sesuatu yang bisa merusak puasa kamu, ya guys.