Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

5 Misteri Urban di Jakarta, Berani ?

Foto : MNC Media

Jakarta – URBAN legend atau cerita rakyat memang banyak betebaran di Jakarta, terutama terkait dengan mistis dan hantu. Legenda mistis tersebut datang dari kisah lama tentang gedung tua, rumah sakit, jembatan, bahkan Stasiun kereta.

Walaupun Jakarta adalah kota yang ramai, tidak membuat kota tersebut luput dari cerita-cerita mistis dan hantu tersebut. Melansir berbagai sumber, inilah legenda mistis dan hantu di Jakarta.

 

  1. Menara Saidah

Kalau melewati Jalan Letjen M.T. Haryono, kamu pasti pernah melihat sebuah bangunan bergaya Romawi kuno yang memiliki tiang-tiang penyangga kokoh di bagian depannya. Itulah Menara Saidah, sebuah gedung 28 lantai yang sudah tidak berpenghuni.

Pada 2007, Menara Saidah ditutup karena tak ada lagi perusahaan yang dibuka di sana. Kabar yang berhembus pun menyebut karena adanya kejadian mistis di sana. Tidak sedikit karyawan perusahaan yang melapor bahwa mereka mendengar suara-suara aneh dari gedung tersebut. Beberapa bahkan kabarnya pernah bertemu dengan hantu seperti kuntilanak.

 

  1. Depo Kereta Api Stasiun Manggarai

Stasiun Kereta Api Manggarai adalah salah satu stasiun besar di wilayah Jakarta karena arealnya yang lebih luas dari kebanyakan stasiun kereta di Jakarta.

Di stasiun kereta api Manggarai terdapat areal yang cukup luas untuk meletakkan gerbong-gerbong kereta. Namun gerbong-gerbong dan lokomotif kereta ini sebagian diantaranya telah rusak akibat kecelakaan-kecelakaan kereta api yang merenggut banyak jiwa penumpangnya.

Baca juga:  Konser I Love RCTI Manjakan Warga Gresik

Beberapa gerbong akibat kecelakaan kereta api termasuk tragedi Bintaro juga nongkrong di sini. Gerbong-gerbong yang tidak terawat itu pun kabarnya menjadi tempat bersarangnya hantu-hantu.

 

  1. Rumah Pondok Indah

Kosong selama puluhan tahun, membuat rumah ini menjadi kandang makhluk astral berkumpul, dan mempunyai daya tarik kuat. Menurut mitos, kalau ada yang memasuki rumah itu maka orang itu kadang tidak akan pernah kembali lagi.

Masih ingat ramainya pembicaraan di akhir September 2002 tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong ini? Kejadian ini jadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya.

Menurut cerita yang beredar lainnya, banyak supir taksi yang lewat situ diganggu. Ada juga yang cerita, menjelang subuh atau habis magrib suka terlihat anak kecil main basket di lapangan parkir.

 

  1. TPU Jeruk Purut

Sudah ada sejak zaman Belanda, TPU Jeruk Purut dikenal sebagai salah satu makam tertua sekaligus tempat angker di Jakarta. Konon, sering muncul penampakan sesosok orang Belanda.

Makhluk ini menampakkan dirinya dalam busana pastor dan berjalan pelan di area kuburan sambil membawa kepalanya sendiri yang sudah terpenggal. Sementara itu, tangan lainnya memegang sebuah lentera minyak.

Nuansa mistis TPU Jeruk Purut telah terkenal sejak tahun 1990-an. Meski begitu, bukannya dihindari TPU angker ini justru sengaja dikunjungi, terutama oleh anak-anak muda yang penasaran dengan suasana di dalam kompleks pemakaman dan ingin menguji nyali.

Baca juga:  Sudah Benarkah Niat Puasa Kita?

 

  1. Jembatan Acol

Ingat kisah tentang Si Manis Jembatan Ancol yang dipercaya sebagai salah satu makhluk halus penunggu di kawasan ini? Cerita ini sangat terkenal era 90-an, bahkan diangkat menjadi film yang terinspirasi dari kisah-kisah yang beredar.

kisah mengenai Si Manis Jembatan Ancol ini berawal dari kisah kembang desa yang sangat cantik jelita dan berparas manis bernama Siti Ariah.

Namun, kembang desa ini meninggal secara tragis akibat diperkosa. Kemudian jasad kembang desa tersebut dibuang di jembatan sehingga timbul kisah sosok kembang desa yang bergentayangan di kawasan ini.