Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

5 Minuman Pengganti Kopi yang Perlu Anda Coba

Kopi merupakan salah satu minuman populer di seluruh dunia termasuk di Indonesisa. Penikmatnya mulai dari masyarakat kelas bawah hingga kelas atas. Ini lantaran kopi dapat memberikan energi tambahan dan menjauhkan kantuk.

Meski begitu, minum kopi berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius seperti memicu ketidaksuburan pada wanita, serangan jantung, gangguan pencernaan, sakit kepala, dan masalah lainnya.

Menurut ahli, asupan kafein harian disarankan tidak lebih dari 400 mg atau empat cangkir per hari. Jika minum kafein berlebihan beberapa gejala overdosis kafein yang harus diwaspadai di antaranya mual, pusing, gelisah, jantung berdebar, berkeringat, dan lainnya.

Nah, untuk menghindari overdosis kafein dan masalah kesehatan yang ditimbulkan dari kelebihan minum kopi ini, berikut lima alternatif minuman pengganti kopi yang bisa Anda coba seperti dilansir dari iNews dari Boldsky, beberapa waktu lalu.

1. Kopi akar dandelion

Jika Anda menyukai rasa kopi dan mencari alternatif minuman sehat, kopi akar dandelion mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Minuman ini mengandung vitamin A, B, C dan D, zat besi, kalsium, dan magnesium yang membuatnya menjadi minuman lebih bergizi daripada kopi.

Kalsium dan magnesium yang terdapat dalam kopi akar dandelion diperlukan untuk produksi energi.

2. Matcha green tea

Minuman ini adalah bentuk terkonsentrasi teh hijau yang memberi peminumnya antioksidan, klorofil, dan serat.

Baca juga:  4 Kiat Tidak Cepat Lapar Saat Puasa

Kandungan yang terdapat dalam matcha green tea berguna untuk mencegah penyakit jantung, memerangi kanker, dan baik untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2. Minuman ini juga memberikan cukup kafein dan meningkatkan energi, sehingga mampu mengusir rasa kantuk.

3. Teh kunyit

Teh kunyit mengandung bahan aktif yang disebut kurkumin. Zat tersebut membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, gejala radang sendi, mencegah kanker, alzheimer, dan lainnya. Orang yang mengidap gangguan fungsi hati dan batu empedu wajib memasukkan minuman ini dalam menu harian mereka.

4. Cokelat panas

Minuman ini meningkatkan energi dan sangat bagus untuk memulai hari Anda. Cokelat panas mengandung neurotransmitter (senyawa kimia yang berfungsi untuk mengantarkan rangsangan antarsel saraf) yang disebut anandamide.

Senyawa ini juga berfungsi membantu menjaga kesehatan mental dan bahkan dapat memicu kebahagiaan. Cokelat juga menjadi sumber magnesium yang membuat Anda tetap aktif.

5. Maca panas

Minuman ini mengandung nutrisi seperti protein dan dianggap sebagai makanan super. Maca biasanya digunakan untuk membuat minuman jenis latte dan smoothie.

Maca juga memberi energi dan dapat membantu tubuh dalam mengelola hormon. Oleh karena itu, minuman ini bisa menjadi alternatif yang sehat sebagai pengganti kopi.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1