Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

5 Hal Penting Saat Mulai Bekerja di Kantor Baru

Saat memulai pekerjaan baru, kita mungkin merasa canggung di tempat anyar. Banyak juga yang merasa bingung bagaimana cara beradaptasi di lingkungan kerja yang serba baru. Apalagi tak jarang pikiran mengenai pekerjaan lama masih membayangi dan Anda membanding-bandingkannya.

Bahkan, bisa jadi Anda khawatir apakah bisa cocok dengan rekan kerja atau apakah bisa menjalin hubungan kerja baik dengan bos baru.

Tetapi jika Anda ingin melewati fase ini lebih cepat sedikit, berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat memulai pekerjaan baru seperti dikutip dari okezone.com yang bersumber dari laman The Balance:

  1. Jangan membuat asumsi soal jam kerja

Ada kemungkinan masing-masing kantor memiliki ketentuan yang berbeda tentang jam masuk, pulang dan durasi jam kerja.Sebagai pegawai baru, Anda harus mengetahui dengan pasti peraturan ini dan jangan berasumsi bahwa jam kerja di kantor baru sama dengan kantor pada umumnya. Bertanyalah ke atasan, rekan kerja dan terutama HRD.

  1. Jangan abaikan bantuan dari rekan kerja

Ketika mendapat tugas dari kantor baru pasti rekan sekitar Anda akan membantu Anda dalam memulai pekerjaan. Jika salah satu rekan kerja di kantor baru menawarkan bantuan, terimalah. Pastikan juga mengucapkan terima kasih.

  1. Jangan terjebak dalam gosip kantor

Kadang demi bisa bergabung dengan para senior di lingkungan kerja baru, Anda rela bergosip bersama mereka. Tapi usahakan jangan masuk dalam gosip tersebut. Jadikanlah gosip di kantor untuk lebih mengenal rekan kerja atau bos Anda.

  1. Jangan sungkan menggunakan teknik baru
Baca juga:  Abdul dan Ghea Duet di Babak 10 Besar, Armand: Alus Pisan....

Pekerjaan baru dan lama adalah hal yang berbeda. Jadi setiap mengalami kesulitan jangan pernah ragu untuk bertanya. Jangan pernah ragu pula untuk menggunakan teknik baru dalam menyelesaikan tugas di kantor baru. Bisa jadi teknik Anda menjadi solusi dan mempercepat selesainya pekerjaan, ujung-ujungnya Anda dapat menginspirasi rekan kerja dan tim.

  1. Jangan terlalu banyak komplain

Menjadi pegawai baru, Anda harus bisa untuk bekerja lebih baik dan sebisa mungkin meminimalisir komplain dengan atasan. Anda bisa melibatkan dan memanfaatkan bantuan teman kerja untuk menyelesaikan masalah.*

Artikel Sebelumnya