Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

5 Cara yang Membantu Anda Terhindar dari Insomnia

KETIKA Anda tidur nyenyak dan bermimpi, di luar sana ada ribuan atau jutaan orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Anda mungkin salah satunya.

Ya, insomnia atau masalah sulit tidur ini kerap menjadi masalah yang berdampak di keesokan harinya. Sebab, jika insomnia terjadi di hari-hari kerja, hal ini akan mengganggu produktivitas kerja Anda.

Biasanya, sebagian besar kasus insomnia sangat terkait dengan kebiasaan kurang tidur Anda, kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan, dan kesehatan fisik yang disebabkan kurang olahraga atau penyakit kronis.

Jika Anda sering mengalami kesulitan untuk tidur dan selalu tak merasa cukup istirahat, kemungkinan Anda terkena insomnia. Meski ada gejala lain, seperti kehilangan konsentrasi, kelambatan dalam beraktivitas, depresi, iritabilitas, dan sakit kepala.

Apakah insomnia bisa disembuhkan? Tentu saja bisa, asalkan Anda menginginkannya.

Di bawah ini ada deretan cara mengatasi insomnia tanpa menelan obat tidur, seperti dinukil dari Bustle, Rabu (7/2/2018):

1. Terapi Kognitif

Sadar atau tak sadar, masalah tidur Anda sebenarnya ada hubungan dengan perilaku tidur sehari-hari. Nah, dengan melakukan terapi perilaku kognitif ini, Anda menciptakan sistem untuk diri sendiri, di mana Anda melatih tubuh untuk tidur bila menginginkannya. Cara ini, bahkan tak membutuhkan suplemen atau obat tidur apa pun. Namun yang dibutuhkan, hanyalah konsistensi untuk tidur di jam yang sama secara berturut-turut.

Baca juga:  VIRAL! Salju Oranye Jatuh di Timur Eropa

2. Magnesium

Magnesium merupakan suplemen yang bagus untuk ditambahkan ke asupan vitamin harian Anda. Sebab, magnesium dapat membantu meredakan rasa sakit, nyeri, dan sakit kepala. Suplemen ini mampu menenangkan atau membuat rileks pikiran dan otot-otot Anda.

3. Minyak Lavender

Lavender sering dianggap sebagai aromaterapi ampuh untuk membuat Anda tidur lebih cepat. Ya, lavender memiliki efek menenangkan. Jika Anda ingin mencoba menangkal insomnia, cobalah teteskan minyak lavender di atas bantal setiap sebelum tidur.

4. Musik

Binaural beats bekerja mengirimkan frekuensi suara yang berbeda ke masing-masing telinga melalui headphone. Suara yang berbeda ini dapat membantu untuk menciptakan frekuensi otak yang lebih optimal untuk tertidur. Ada banyak lagu pengantar tidur di YouTube yang khusus disesuaikan untuk mendapatkan tidur nyenyak. Suara yang dikeluarkan juga membantu menghilangkan suara mengganggu lain yang biasanya membuat Anda insomnia.

5. Meditasi

Ini berbeda dengan meditasi umum yang digunakan untuk meredakan stres. Meditasi yang digunakan bagi penderita insomnia adalah meditasi tidur terpadu. Di sini, yang dilakukan hanyalah mendengarkan narator menenangkan yang membujuk Anda untuk masuk dalam relaksasi yang dalam.

(Sumber: iNews)

Tags: