Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

5 Cara Cermat agar Merdeka Finansial

Foto: MNC Media

JAKARTA – Rekan kerja. Mengelola keuangan pribadi dengan baik akan membantu Anda lebih mudah dalam menjalankan rencana-rencana keuangan. Sebab, lebih besarnya pengeluaran dan kebutuhan dibandingkan pemasukan membuat Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan.

Nah, mungkin Anda mengalami kesulitan dalam mengatur gaji bulanan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, Anda akan selalu merasa kurang dan tentunya tidak bisa menabung untuk kebutuhan di masa depan.

So, mulai hari ini coba deh beberapa tips di bawah ini agar Anda dapat mengatur gaji dengan bijak.

1. Buat daftar pengeluaran bulanan. Kebutuhan primer contohnya seperti makan, ongkos bekerja. Sedangkan kebutuhan tersier contohnya seperti anggaran untuk belanja, nonton bioskop dan traveling. Jangan lupa untuk menyediakan dana darurat, seperti biaya sakit atau servis kendaraan.

2. Menabung! Anda dapat menyisihkan sekitar 10% dari gaji untuk ditabung. Selain menyisihkan uang tabungan, Anda juga perlu mencatat dan mengumpulkan nota belanja setiap kali Anda berbelanja kebutuhan. Hal ini akan membantu mengendalikan pengeluaran serta menekan keinginan untuk membeli yang tidak terlalu penting.

3. Buat laporan keuangan harian. Jangan buang struk yang Anda dapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran Anda setiap harinya. Cara ini akan membantu Anda mengetahui ke mana saja uang yang digunakan selama ini, serta menganalisis barang apa saja yang sebenarnya tidak harus dibeli atau dikurangi di bulan yang akan datang.

Baca juga:  Bikin Penasaran, Intip Keseruan Finalis Indonesian Idol Sebelum On Stage

4. Segera bayar tagihan. Begitu gaji bulanan Anda masuk ke rekening, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membayar semua tagihan di awal bulan. Mulai dari tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Membayarkan semua tagihan di awal bulan tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur kebutuhan bulanan lainnya.

5. Investasi. Langkah terakhir, setelah Anda menyisihkan gaji bulanan untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari namun masih ada kelebihan dana, ada baiknya Anda menggunakan dana tersebut untuk investasi.

Menggunakan uang yang Anda dapatkan dengan bijak merupakan salah satu cara menghargai usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan.