Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

4 Tips Jitu Belanja Online

Foto: Istimewa

Di zaman now, makin banyak situs belanja online. Situs tersebut pun bersaing menarik pembeli, dengan sejumlah cara. Seperti banjir diskon, promo buy 1 get 1, hingga lewat endorse artis. Nah, Anda harus tahu cara aman saat berbelanja online. Berikut adalah empat tips jitunya.

1. Pastikan produk aman dan legal
Transaksi belanja online memungkinkan barang dari belahan dunia manapun, dapat kita beli. Pastikan produk yang hendak kita beli itu aman, ya. Kunjungi website resmi produk tersebut, lalu cek legalitasnya.

2. Perbanyak referensi agar tak tertipu barang palsu
Kewaspadaan itu penting, termasuk dalam bertransaksi online. Jangan langsung tergiur harga murah. Sebelum belanja online, Anda perlu membaca produk incaran di situs resmi. Apa saja ciri-ciri produk orisinal? Perhatikan juga review barang tersebut.

3. Lihat reputasi pedagang
Situs belanja online tentunya menyediakan informasi reputasi pedagang. Biasanya, kita bisa menilai pedagang tersebut bagus atau tidak, dari berapa bintang yang ia capai (skala 1-5). Sebaiknya, Anda belanja di lapak pedagang berbintang 4 ke atas. Selain itu, reputasi pedagang bisa dinilai dari testimoni pembeli. Semakin banyak testimoni bagus, semakin terpercaya, deh!

4. Selalu tanyakan garansi barang
Garansi adalah hal penting yang wajib Anda tanyakan, saat hendak berbelanja online. Bagaimana mekanisme pengirimannya? Apa yang bakal ditanggung penjual, kalau ada kerusakan produk ketika dikirim? Jangan sungkan untuk bertanya, ya.