Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

4 Makanan Ini Bisa Bersihkan Arteri Anda

JAKARTA – Ibarat kata, Anda adalah apa yang Anda makan. Pernahkah Anda mendengar kutipan demikian? Ternyata, ungkapan itu tak sekadar kalimat belaka. Makanan, menjadi salah satu faktor mengapa Anda bugar, dan Anda sakit. Misalnya saja penyakit tak menular seperti kanker, jantung, dan diabetes, yang bersumber dari makanan yang Anda konsumsi.

Meskipun faktor lain seperti jarang olahraga dan genetik mempengaruhi, faktor makanan tetap menjadi penyumbang besar mengapa Anda terkena penyakit-penyakit kronis tersebut. Makanan tak hanya jadi penyebab, tetapi juga bisa menjadi pencegah Anda terkena sejumlah masalah kesehatan dengan mengambil pola makan sehat serta memperbanyak sayur dan buah.

Di bawah ini ada sederet makanan yang dikenal bersifat antioksidan, anti-inflamasi, kaya nutrisi, dan serat. Itulah elemen-elemen penting yang dapat membuat tubuh Anda lebih sehat, terutama di bagian kardiovaskular. Sebab, makanan-makanan ini mampu membersihkan arteri Anda.

Apa saja daftarnya? Yuk, intip daftarnya seperti dinukil iNews.id dari Gardening Cosmos:

1. Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu buah favorit untuk dijadikan sebagai menu sarapan. Selain rasanya yang enak, apalagi jika ditambah susu, alpukat memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Selain manfaat sehat yang didapat dari alpukat, buah ini juga mampu menurunkan kolesterol jahat sekira 22 persen, dan meningkatkan kolesterol baik 11 persen.

2. Kesemek

Buah kesemek memang sering Anda dengar sebagai umpatan. Namun rupanya, manfaat buah satu ini tak main-main. Sebab, kesemek rupanya mengandung banyak antioksidan dan polifenol. Manfaatnya hampir menyerupai alpukat yakni menurunkan kolesterol jahat, mengatur tekanan darah tetap normal, dan yang paling penting, membersihkan arteri Anda secara teratur.

Baca juga:  Info Liga Inggris: 3 Modal MU Untuk Kalahkan Liverpool

3. Semangka

Merahnya daging semangka yang manis dan lezat juga memberikan peran penting dalam menjaga arteri Anda tetap bersih dan menyehatkan jantung Anda. Hal ini dikarenakan semangka mengandung L-citrulline dan asam amino yang menurunkan tekanan darah dan menurunkan peradangan.

4. Brokoli

Jika daftar di atas hanya berisi ragam buah-buahan, kini Anda bisa memasak bahan makanan satu ini untuk makan siang atau malam Anda. Brokoli rupanya dapat membersihkan arteri karena ia mengandung vitamin K dan antioksidan yang mampu mencegah pengerasan arteri. Selain menjaga kesehatan jantung, brokoli juga dapat menormalkan tekanan darah.

(Sumber: iNews)

Tags: