Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

4 Kiat Tidak Cepat Lapar Saat Puasa

JAKARTA – Saat menjalani ibadah puasa, rasa haus dan lapar tentu hal yang biasa kita alami. Namun, dalam menjalani aktivitas sehari-hari seperti bekerja pastinya membutuhkan kemampuan ekstra untuk berkonsentrasi. Semakin berat aktivitas yang dilakukan, Anda mungkin bisa semakin cepat lapar dan haus.

Bagi Anda yang tetap menjalankan aktivitas di bulan Ramadan , jangan takut. Dengan beberapa pola makan yang benar saat sahur, Anda bisa menjalani aktivitas secara normal. Simak trik ini agar tidak cepat lapar selama puasa dari Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr.Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK seperti dilansir Okezone berikut ini.

1. Sahur mendekati waktu imsak
Hal ini bertujuan supaya perut bisa menahan kenyang lebih lama. Makanannya pun tidak boleh sembarangan, Anda bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks supaya tidak cepat lapar.

2. Banyak minum air putih
Selain makanan yang bergizi dan memenuhi karbohidrat kompleks, Anda juga wajib meminum banyak air putih. Sebagaimana diketahui, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

Ketika Anda bekerja, tubuh akan mengeluarkan keringat, dengan meminum banyak air putih kebutuhan air dalam tubuh bisa terpenuhi hingga berbuka puasa.

3. Jangan makan berlebihan
Makan berlebihan saat sahur bukannya menahan lapar malah justru malah membuat Anda mengantuk. “Cara agar tidak ngantuk saat puasa adalah menghindari terlalu banyak karbohidrat. Anda hanya boleh memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks,” kata kata Jovita Amelia.

Baca juga:  Jelang HUT RI, Artis Cantik Ini Siap Kibarkan Merah Putih

Lebih lanjut dia menyampaikan, kangkung yang dianggap sebagai makanan yang menyebabkan kantuk, masih dianggap mitos. Pasalnya, masih belum ada fakta ilmiah yang menunjukkan hal itu.

4. Jangan makan-makanan berminyak saat sahur
Menurutnya, makan-makanan berminyak saat sahur akan mempermudah pengosongan lambung dan menyebabkan asam lambung naik. “Jika hal ini terjadi, tentu Anda akan merasa tersiksa saat bekerja,” tuntasnya.*

Andini Anissa

MNC Update Writer

    1