Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

4 Jurus Jitu Cegah Sariawan Saat Puasa

JAKARTA – Sariawan merupakan salah satu gangguan kesehatan gigi dan mulut yang sering muncul saat berpuasa. Sariawan bisa muncul karena tubuh kekurangan asupan nutrisi.

Kendati demikian bukan berarti penyebab terjadinya sariawan itu karena berpuasa. Sariawan bisa muncul karena pola makan yang kita konsumsi selama berpuasa.

Artinya, di sisi lain, kita bisa menghindar dari rasa pedih dan meringis-ringis karena sariawan. Lalu, bagaimana mencegah agar puasa tetap nyaman tanpa ada gangguan yang menyiksa ini?

1. Konsumsi makanan dengan kadar asam rendah
Sariawan bisa juga timbul karena mengonsumsi makan-makanan yang memiliki kadar asam tinggi. Untuk itu, disarankan selalu konsumsi makanan yang mengandung kadar asam yang rendah, seperti oatmeal, roti, sereal, kacang merah dan kacang polong.

Untuk buah, pilihlah melon, pisang atau kelapa, serta jangan lupa air putih setiap buka dan sahur karena efektif untuk meredakan sariawan.

2. Sikat gigi tiga kali sehari
Biasakan untuk menyikat gigi setiap tiga kali sehari. Pertama setelah sahur, kedua setelah berbuka puasa, dan terakhir sebelum tidur. Hal ini untuk mencegah penumpukan plak pada gigi.

3. Hindari makanan pedas, dingin, atau panas
Mengonsumsi makanan terlalu pedas, panas, dan dingin juga tidak baik karena dapat menyebabkan sariawan. Sebaiknya, Anda makan makanan yang sesuai dengan suhu yang cukup dan hindari makanan yang terlalu pedas.

Baca juga:  VIRAL! Video Oknum Polisi Aniaya Juniornya

4. Hindari minuman bersoda
Minuman bersoda memang menggoda untuk menghilangkan haus saat berbuka puasa. Namun sebenarnya, minuman bersoda atau berenergi sangat tidak baik untuk tubuh karena mengandung asam tinggi dan membuat kita mudah sariawan.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1