Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

3 Waktu Paling Mustajab di Bulan Ramadhan, Nomor 2 Sering Diabaikan

Foto :  Pixabay

JAKARTA – Bulan Ramadhan merupakan moment yang paling ditunggu umat Islam untuk berburu pahala. Termasuk, dalam hal memanjatkan doa agar cepat terkabul.

Nah, sobat Update, tahukah kamu? Ada beberapa waktu mustajab yang bisa mengabulkan doa kamu setiap harinya. Ustadz Fauzan Amin menjelaskan lebih lanjut berikut ini:

1. Waktu Sepertiga Malam

Sebelum makan sahur, Anda dianjurkan untuk salat malam sekaligus berdoa di waktu sepertiga malam terakhir. Rasuluah SAW bersabda:

ينزل الله تعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا حين يبقى ثلث الليل الأخير فيقول عز وجل: من يدعونى فأستجب له، من يسألنى فأعطيه، من يستغفرنى فأغفر له

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim)

2. Berbuka Puasa

Saat menjelang berbuka ternyata menjadi waktu paling istimewa. Karena, pada saat itu merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Namun, karena berbagai alasan, dengan dalih menyiapkan menu berbuka atau sedang di perjalanan, waktu mustajab untuk berdoa ini sering terlewatkan.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, siapa saja? 1. Pemimpin yang adil, 2. Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, 3. Doa orang yang terzalimi.” (HR Tirmidzi nomor 2526, 3598 dan Ibnu Majah nomor 1752.)

Baca juga:  MNC Group Ajak Generasi Muda Jadi Pewarta Warga

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) juga disebutkan doa menjadi mudah dikabulkan ketika berbuka puasa, karena saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

3. Sujud Saat Salat

Kekhusyukan di saat salat sangat dibutuhkan, apalagi waktu Ramadan. Terlebih saat Anda bersujud, sematkan doa yang diinginkan. Karena pada saat sujud Allah akan mendengar doa Anda. Selain itu, di antara adzan dan iqamah juga dianggap mustajab.

Nabi SAW bersabda, “Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)

Nah itulah sobat Update, tiga waktu paling mustajab untuk berdoa. Kalau kalian, kapan paling sering memanjatkan doa?