Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

3 Tips Terobos Genangan di Jalan saat Musim Hujan

JAKARTA – Saat musim penghujan seperti sekarang ini, tentu menyebabkan banyak titik jalan yang tergenang. Pengendara terkadang tidak punya pilihan selain menerabasnya. Namun untuk mengurangi risiko pada mobil, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa tips berikut:

1. Lihat ketinggian genangan di sekitar mobil sebagai acuan untuk memperkirakan dan membandingkan ketinggian air terhadap jenis mobil yang sedang dikendarai. Cara mengetahui ketinggian genangan dari dalam mobil bisa dengan cara memperhatikan obyek yang ada di sekitarnya seperti pohon, trotoar dan roda mobil dari kendaraan lain.

Oleh karena itu cukup dengan putaran mesin rendah saat melewati genangan air, karena dengan putaran mesin yang rendah akan mengurangi ke-vacum-an udara di sekitar saringan udara. Hal ini dapat mengurangi risiko air terhisap oleh mesin.

Jalankan mobil cukup dengan Rpm 1000 – 1500 saja dengan posisi gigi 1 untuk mobil dengan transmisi manual dan tidak menggunakan teknik setengah kopling. Untuk mobil dengan transmisi matik cukup di posisi L. Selama mesin masih hidup tidak perlu khawatir air akan masuk dari knalpot ke dalam mesin dan tidak perlu menginjak gas berulang-ulang.

2. Atur Jarak aman dengan mobil yang berada di depan kita, tujuannya agar dapat memantau mobil di depan dengan seksama terutama saat mulai masuk ke genangan air. Dengan jarak cukup, kita dapat mengetahui perubahan kondisi mobil depan, misalkan mogok , pindah jalur ataupun masuk lubang.

Baca juga:  Sambut Tahun Baru, Ini Pentingnya Introspeksi Sebelum Membuat Resolusi

3. Jika mobil depan mogok dan jenis mobil yang sedang kita gunakan sama, sebaiknya segera matikan mesin untuk mencegah air masuk ke dalam mesin.

Jadi, walaupun secara ketinggian normal masih aman, tetapi jika gelombang tinggi dan diperkirakan melebihi filter udara, sebaiknya langsung matikan demi keamanan mesinnya. Setelah mesin dimatikan, lepas salah satu terminal battery untuk menjaga agar tidak terjadi korsletik listrik di mobil.

Kehati-hatian serta perhitungan yang matang memang menjadi keharusan dalam proses menerjang banjir atau genangan. Sebab rsiko yang disebabkan oleh banjir tidak serta merta dapat ditanggung oleh asuransi yang telah dimiliki. Untuk itu, dari pada keluar biaya banyak untuk perbaikan mobil, alangkah baiknya kita sebagai pengendara menjaga dan mengantisipasi kejadian dengan baik. Demikian dikutip dari lama Astra World pada Senin (5/2/2017).

(Sumber: Okezone)

Tags: