Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

3 Tips Agar Mudik Jadi Lancar

Foto : MNC Media

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan, setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan para pemudik. Tiga hal ini bila semuanya siap, mudik dipastikan akan berjalan lancar.

“Mudik ini ada tiga hal yang harus dilakukan. Pertama, persiapkan prasarananya. Kedua, manajemen lalu lintas. Ketiga, perilaku penggunanya,” kata Basuki.

Menurutnya, dalam menempuh perjalanan jauh para pemudik kerap dihinggapi rasa bosan dan lelah. Untuk menghadapi hal itu, Basuki menyarankan pemudik untuk menikmati kuliner-kuliner khas tiap daerah yang dilewati. Dengan demikian mereka akan tetap dalam suasana senang.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya juga mengungkapkan hal senada. Wisata kuliner, menurutnya menjadi salah satu hal yang positif, karena dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

Untuk para pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat dapat mampir ke rest area di sepanjang jalur tol. Di sana para pemudik, kata Budi, dapat menikmati makanan khas dari daerah.

Video : Elok Nuriyatur Rosyidah

“Kami ingin sekali, (para pemudik) ini mampir ke rest area. Misalnya mampir ke rest area di Cirebon, Brebes, dan Tegal. Supaya perekonomian masyarakat di daerah itu juga tumbuh,” ujar Budi.

Sebelumnya, Chairman MNC Group melepas sebanyak 120 kru MNC Media untuk bertugas sejak 28 Mei hingga 12 Juni guna memantau situasi dan kondisi di jalur-jalur yang akan dilalui masyarakat saat mudik. Selain itu, lebih dari 20 mobil beserta SNG juga diberangkatkan untuk turut memantau jalannya arus mudik dan balik di hampir semua wilayah. Selain DKI Jakarta, mereka juga akan memberikan informasi seputar jalan tol Trans Jawa, serta pelabuhan Merak-Bakahueni dan lainnya.