Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

10 Manfaat Pernikahan bagi Kesehatan Tubuh Anda

JAKARTA – Mengubah status lajang Anda tahun ini bisa membuat Anda berumur panjang. Menurut statistik, pasangan menikah akan hidup lebih lama dan lebih bahagia serta lebih sehat, ketimbang mereka yang setia hidup melajang.

Menikah bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit berbahaya dan juga stres. Mengutip Reader’s Digest, setidaknya ada 10 manfaat menikah bagi kesehatan.

1. Menurunkan risiko demensia 

Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang menurunkan risiko penyakit Alzheimer, yang mempengaruhi satu dari tiga lansia. Tapi Anda bisa secara signifikan menurunkan risiko itu dan melindungi otak Anda dengan menikah. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pria dan wanita yang sudah menikah memiliki kemungkinan 43% lebih rendah menderita demensia saat mereka menua.

2. Tekanan darah membaik 

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di Amerika, namun menikah dapat mengurangi risiko tersebut. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Brigham Young, orang yang sudah menikah memiliki pembacaan tekanan darah rendah daripada rekan merka yang tetap melajang. Periset memantau tekanan darah selama 24 jam dan menemukan bahwa, rata-rata, pasangan yang sudah menikah dan  bahagia memiliki tekanan darah yang baik.

3. Kehidupan seks Anda akan menjadi panas
Menikah akan membuat kehidupan bercinta anda lebih nikmat.  Berdasarkan survei Kesehatan dan Kehidupan Sosial Nasional, ditemukan bahwa 51% pasangan suami-istri mengtakakan  bahwa mereka “sangat puas” dengan kehidupan seks mereka dibandingkan  dengan 39% orang yang tinggal bersama dan 36% yang single.

Baca juga:  Ingin Otak Lebih Sehat? Cobalah Merajut

4. Terhindar dari stres
Stres terkait dengan semua jenis masalah kesehatan yang menakutkan termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Namun orang-orang yang sudah menikah memiliki perlindungan terhadap stres sehari-hari.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Marriage and Family, pernikahan yang bahagia akan menghindarkan pasutri dari stres. Perkawinan yang tidak bahagia, karena alasan yang jelas, membuat stres semakin buruk.

5. Menyehatkan paru-paru
Siapa yang tidak menyukai perasaan bisa menghirup udara segar? Seiring bertambahnya usia, semakin banyak ditemukan pentingnya paru-paru yang sehat. Dan berada dalam hubungan jangka panjang—termasuk pernikahan dan pengaturan sosial lainnya—memperbaiki fungsi paru-paru pada manula.

6. Bertahan dari kanker 
Menikah tampaknya tidak mengurangi risiko terkena kanker, tapi, hal tersebut memberi peluang lebih baik untuk bertahan, demikian menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal CANCER. Para ilmuwan melihat catatan medis lebih dari 800.000 orang dan menemukan bahwa pria lajang memiliki kesempatan 27% lebih tinggi dan wanita lajang memiliki kesempatan 19% lebih tinggi meninggal setelah diagnosis kanker.

7. Menyehatkan jantung 
Pernikahan tidak hanya menurunkan tekanan darah Anda, tapi juga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Hal itu berdasarkan  penelitian yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology.

8. Memperpanjang usia 
Pria yang sudah menikah memiliki kesehatan fisik yang lebih baik dan umur yang lebih panjang, rata-rata hidup sepuluh tahun lebih lama dari pria lajang, menurut penelitian sebelumnya. Satu alasan yang mungkin berkaitan dengan efek menikah terhadap kesehatan finansial mereka adalah karena pendapatan merupakan prediktor angka satu kesehatan.

Baca juga:  Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Anda Panjang Umur

9. Baik untuk kesehatan mental 
Pria yang sudah menikah bisa mendapatkan manfaat lebih banyak. Namun wanita yang sudah menikah lebih bahagia selama hari-hari mereka. (Plus, wanita pada umumnya masih hidup lebih lama dari laki-laki.) Perempuan dalam pernikahan bahagia mengalami lebih sedikit insiden depresi, kecemasan dan penyakit jiwa lainnya daripada wanita lajang. Memiliki dukungan sosial yang konstan dari suami mereka membantu wanita tetap sehat.

10. Gaya hidup jadi lebih sehat 

Dalam hampir semua ukuran kesehatan, para periset telah menemukan bahwa pasangan yang menikah, pasangannya berpakaian lebih baik. Bagian dari itu adalah karena semua alasan di atas, namun sebagian dari itu mungkin karena orang-orang dalam hubungan jangka panjang tampaknya membuat pilihan yang lebih sehat.

(Sumber: Sindonews)

Tags: