Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

10 Manfaat Anggur Hitam, Mulai dari Mengatur Gula Darah Hingga Jaga Berat Badan

ANGGUR hitam dikenal  dengan rasanya yang manis. Buah yang satu ini juga kaya nutrisi dan antioksidan. Di Eropa Timur, anggur hitam dikatakan sebagai buah budidaya tertua. 

Mengutip Boldsky , ada 10 manfaat kesehatan saat mengkonsumsi anggur hitam. Tidak saja mengatur gula darah, melindungi jantung, juga memiliki manfaat lain, apa saja?  Berikut penjelasannya. 

1. Mengantur Gula Darah 

Konsumsi anggur hitam membantu penyembuhan diabetes. Itu karena resveratrol, sejenis fenol alami yang ada dalam anggur hitam bertanggung jawab untuk meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin sehingga menjaga gula darah. 

2. Meningkatkan Fungsi Otak 

Konsumsi rutin anggur hitam membantu meningkatkan konsentrasi, memperkuat daya ingat, menyembuhkan migrain, demensia, dan mencegah penyakit Alzheimer. Anggur hitam bertindak sebagai buah yang melindungi otak. 

3. Melindungi Jantung 

Fitokimia yang ada dalam anggur hitam membantu mengurangi kerusakan otot jantung dan juga membantu mengurangi dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Ini mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

4. Meningkatkan Penglihatan 

Anggur hitam mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan karotenoid diketahui membantu menjaga penglihatan yang baik. Mengkonsumsi anggur hitam akan memberikan perlindungan yang signifikan dengan melindungi kerusakan oksidatif retina dan juga mencegah kebutaan. 

5. Mencegah Kanker 

Anggur hitam menunjukkan khasiat anti-mutagenik dan antioksidan yang sangat efektif dalam melawan semua jenis kanker, termasuk kanker payudara. Resveratrol, senyawa yang ditemukan dalam anggur hitam, mampu menghancurkan sel kanker. 

6. Membuat  Rambut Sehat 

Anggur hitam mengandung antioksidan dan vitamin E yang membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, membalikkan kerontokan rambut yang berlebihan. Vitamin E ini dapat memperkuat, melembutkan dan mengurangi gatal pada kulit kepala dan karena itu mengurangi ketombe. 

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Konsumsi  Anggur hitam kaya akan vitamin C, vitamin K dan vitamin A disertai dengan flavonoid dan mineral, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Buah anggur ini juga kaya akan gula dan asam organik yang membantu menghilangkan sembelit, gangguan pencernaan dan mengobati masalah ginjal. 

8. Menjaga Kesehatan Tulang 

Senyawa yang hadir dalam anggur hitam, dapat membantu dalam mengobati sindrom metabolik. Sindrom metabolik meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke dan diabetes yang dapat menyebabkan keropos tulang. Makan anggur hitam akan mencegah osteoporosis juga. 

9. Menjaga Berat Badan 

Anggur hitam mengandung sifat antioksidan yang membantu mengeluarkan toksin yang tidak diinginkan yang terkumpul di dalam tubuh, yang berakibat pada penurunan berat badan. Anggur hitam rendah kalori dan mengonsumsinya setiap hari akan membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. 

10. Menyehatkan Kulit 

Antioksidan yang ada dalam anggur hitam memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet yang berbahaya. Ini mengandung vitamin C dan vitamin E, yang memastikan peremajaan sel kulit dan mengamankan kelembaban di kulit yang sesuai. Bagikan artikel ini! Jika Anda suka membaca artikel ini, bagikan dengan orang yang Anda cintai.

(Sumber: Sindonews)

Tags: