Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

10 Kuliner Asyik Saat Mudik ke Sumedang

Foto: Pinterest

Mudik ke Sumedang, atau mungkin melewati Sumedang? Jangan sampai Anda lupa berwisata kuliner di sana, ya. Mulai dari kuliner kekinian sampai yang tradisional, semuanya sama nikmatnya.

Atas keragaman makanannya, Kuliner Sumedang siap melengkapi #PesonaMudik2019. “Kuliner merupakan bagian tak terpisahkan dari pariwisata. Apa lagi Sumedang. Dari ikon daerahnya saja sudah kuliner, yaitu tahu Sumedang. Jadi wajar jika Sumedang kaya dengan #PesonaKulinerLebaran2019,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, seperti dikutip Okezone pada Jumat (17/5).

Nah, berikut adalah 10 kuliner Sumedang yang kudu Anda cicipi.

1.Tahu Sumedang
Tak ada yang mengalahkan makanan andalan satu ini. Renyahnya tahu sumedang, memiliki citarasa gurih dan tekstur bagian dalam yang lembut. Harganya pun murah meriah, dan rasanya sungguh lezat disantap dengan cabai rawit hijau. Yummy!

2. Soto Bongko
Berbeda dengan jenis soto lainnya, Soto Bongko memiliki campuran lontong di dalamnya. Soto bongko disajikan dengan tauge rebus, potongan tahu sumedang, dan bawang goreng. Semua isian soto ini disiram dengan kuah kari kental yang panas mengepul. Ditambah emping dan sambal, soto bongko cocok dinikmati untuk sarapan atau makan siang di Sumedang.

3. Bugen Pizza
Buggen Pizza adalah rajanya pizza di Sumedang. Adonan pizza ini beraroma wangi dan khas, dengan bumbu Bugen yang istimewa. Ditambah keju Mozarella yang melimpah, Bugen Pizza semakin enak dan menggoyang lidah Anda.

Baca juga:  Agar Kalori Cepat Terbakar Saat Olahraga, Minum Kopi!

4. Bakso Mas Gedong
Bakso Mas Gedong masuk dalam jajaran bakso terenak di Sumedang. Selain itu, harganya yang murah juga menjadi daya tarik pembeli.

5. Rumah Makan Saung Teko
Rumah makan Saung Teko meramaikan wisata kuliner Sumedang, sejak tahun 2013. Perpaduan antara budaya Sunda, modern, dan semi cafe akan menawarkan sensasi makan berbeda di Sumedang. Berbagai menu makanan tersaji lengkap di sini

6. Oncom
Oncom Sumedang juga nikmat lho! Makanan tradisional khas Sunda ini telah menjamur di seantero Sumedang, dalam berbagai menu seperti tutug oncom dan sambal oncom.

7. Salak Bongkok
Nama salak Bongkok diambil dari nama Desa Bongkok, yang sejak dahulu menjadi penghasil salak. Saat menyicipi salak Bongkok, diperoleh citarasa buah menyegarkan. Rasa manis berpadu sedikit masam.

8. Asinan Sukasari
Asinan Sukasari merupakan salah satu makanan khas Sumedang. Asinan ini terdiri dari dua jenis, yaitu asinan buah dan sayur. Anda wajib mencoba asinan ini ketika singgah di Sumedang.

9. Emlpod
Emplod menjadi salah satu makanan khas di Sumedang yang sangat populer. Emplod menggunakan bahan dasar singkong yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Singkong yang telah dikukus, dicampurkan dengan sedikit garam. Lalu digoreng hingga kecoklatan. Emplod sering disajikan sebagai snack.

10. Bandrek
Bandrek adalah minuman tradisional yang mudah ditemui di Sumedang. Selain nikmat, bandrek dapat membuat tubuh nyaman dan hangat.

Tags: